WHO Memberi Himbauan Vaksinasi Covid-19 Ke Seluruh Dunia



 

INFODEPOK.NET - Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut orang yang tidak vaksin mati sia-sia akibat Covid-19. Hal tersebut terkait dengan ketimpangan vaksinasi global yang terjadi karena bisa menjadi salah satu hambatan utama melawan Covid-19. Dalam sesi tanya jawab di saluran media sosialnya, pejabat WHO menyatakan ada sekitar 56 negara gagal mencapai tujuan target WHO.

 

Mereka gagal melakukan vaksinasi sebesar 10 persen dari jumlah populasi hingga akhir September. Pimpinan teknis Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove menuturkan ketimpangan akses vaksinasi dapat menyebabkan kematian yang sia-sia. Padahal, lanjut Kerkhove, data vaksin Covid-19 menyatakan bahwa vaksin merupakan hal yang aman dan efektif untuk mencegah rawat inap maupun kematian.

 


“Vaksin-vaksin itu hanya perlu dapat diakses untuk lebih banyak orang,” ujarnya, seperti dikutip dari detiknews pada Rabu (6/10/2021). “Hasil dari ini (ketimpangan vaksin) adalah orang-orang yang mati sia-sia,” lanjutnya. Kerkhove mengatakan bahwa meningkatkan akses vaksin akan membantu mengurangi kematian akibat Covid-19 dan rawat inap.

 

 

Pasalnya, kata Kerkhove, saat ini dunia telah mencatat angka kematian terkait virus tersebut mencapai nyaris 5 juta kematian. Kerkhove menyebut tidak bisa memenuhi target merupakan hal yang paling menyedihkan, bahkan lebih dari frustasi dan sampai tak bisa menggambarkan dengan kata-kata.

 

Hal itu, karena jika telah menggunakan lebih dari 6 miliar vaksin pada hari ini dengan berbeda, maka akan berada dalam situasi yang berbahaya. Sebelumnya, pejabat kesehatan Amerika Serikat juga menyatakan hal serupa. Mereka menyebut hampir semua kematian nasional karena Covid-19 terjadi pada pasien yang tidak vaksin.

 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan pasien yang tidak vaksin lebih rentan meninggal karena Covid-19 dengan kemungkinan 11 kali lipat. Selain itu, orang yang tidak vaksin juga memerlukan rawat inap dengan kemungkinan 10 kali lipat lebih rentan. Sementara itu, tingkat kerentanan orang yang tidak vaksin akan tertular virus secara keseluruhan mencapai 4,5 kali lipat.

 

FR/ID


Posting Komentar untuk "WHO Memberi Himbauan Vaksinasi Covid-19 Ke Seluruh Dunia "