Newcastle united diakuisis oleh pangeran arab saudi,salah satu penguasa baru liga inggris?


 

INFODEPOK.NET-Newcastle  United baru saja diakuisisi konsorsium Arab Saudim the toon army kini lebih tajir dari Manchester City dan Paris Saint-Germain.

Newcastle resmi diakuisisi Public Investment Fund (PIF) pada kamis (7/10/2021) waktu setempat, Konsorsium Arab Saudi itu mengambil alih kepemilikan klub sebesar 80 persen, dengan sisanya 20 persen saham dimiliki Amanda Staveley dan the Reuben brother.

PIF,yang diketuai Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, boleh jadi badan dengan asset terbesarr di dunia, konsorsium itu punya asset senilai 320 miliar paun atau lebih dari RP 6.000 triliun, maka dari itu , Newcastle united kini bisa membusungkan dadanya, sebab tim yang Cuma finis di luar 10 besar liga Inggris dalam lima musim terakhir itu punya bos sepakbola paling kaya.

Sebagai perbandingan, kekayan PIF berkali-kali lipat dari kekayaan bos Manchester city, Sheikh Mansour taipan asal Uni Emirat Arab itu punya kekayaan sebesar 23 miliar paun saja, atau sekitar RP 444 triliun, adapun taipan Qatar pemilik Paris Saint-Germain, Nasser Al-khelaifi, bahkan Cuma punya kekayaan 6,5 miliar paun atau RP 125 triliun.

Kemudian, ad abos RB Leipzig, Dietrich Matechitz, yang punya kekayaan 15,7 miliar paun atau sebesar 303 triliun, sementara bos Juventus, Andrea Agnelli, punya kekayaan 11 miliar paun atau RP 212 triliun, bos Chelsea, Roman Abramovich, kini urutan kelima dengan kekayaan 9,6 miliar paun atau RP 185 triliun.

Gelontoran fulus Arab Saudi diyakiani bisa membuat Newcastle menjadi kekuatan baru di Eropa, bintang bintang top bisa saja direkrut, dan manajer top didatangkan.

Apakah langkah Newcastle bisa seperti Chelsea atau Manchester city, yang menjadi salah satu penguasa baru Liga Inggris?.

Posting Komentar untuk "Newcastle united diakuisis oleh pangeran arab saudi,salah satu penguasa baru liga inggris?"