Mengenal Venus flytrap, Tumbuhan Karnivora Seperti Kantong Semar



credit image: idnt imes

INFODEPOK.NET - Venus flytrap merupakan tumbuhan pemakan daging atau karnivora seperti tumbuhan kantong semar yang sangat jarang diketahui oleh banyak orang.


Menurut laporan National Wildlife Federation, venus flytrap menyukai tanah lembab dan asam yang banyak ditemukan di sekitar hutan. Mereka juga membutuhkan kelembapan tinggi dan banyak sinar matahari untuk tumbuh subur.


Hal yang paling memikat dari tumbuhan ini adalah cara mereka makan. Venus biasanya memikat serangga dengan lapisan kemerahan di daun dan dengan mengeluarkan nektar yang harum. Saat serangga hinggap di rahang penangkap lalat, ia tak langsung menyerang.

 

Rambut sensorik yang disebut trikoma di bagian dalam kelopak pada dasarnya menghitung pergerakan serangga. Ketika mangsa sudah masuk, tanaman ini akan menutup rahangnya dengan slcepat, berubah dari bentuk cembung ke bentuk cekung.


Setelah lima hingga 12 hari, tanaman akan terbuka kembali dan bagian-bagian serangga yang tidak dapat dicerna akan rontok. Mangsa utama penangkap venus adalah semut. Namun, ia juga memakan lalat, kumbang, siput, laba-laba, dan bahkan katak kecil.

 

Venus terdaftar sebagai spesies yang rentan oleh International Union for Conservation of Nature's Red List of Threatened Species. Karena perusakan lingkungan dan perburuan besar-besaran.


TA/ID

Posting Komentar untuk "Mengenal Venus flytrap, Tumbuhan Karnivora Seperti Kantong Semar "