Komunitas Jemblung Gandeng Dinas Hingga Kementerian Rawat Situ Perbatasan Depok

CIMANGGIS, DEPOK
Komunitas peduli lingkungan area Rawa jemblung (Situ Baru) melaksanakan giat bersih-bersih di danau perbatasan antara Depok Dan Jakarta Timur (BUPERTA Cibubur) pada hari Minggu kemarin, (19/9).

Kegiatan Rutin ini diprakarsai oleh KOMUNITAS JEMBLUNG yang notabene beranggotakan para Angler dan Warga sekitar danau khususnya warga RW 09, Harjamukti.

"Kegiatan ini juga selalu di dukung penuh oleh pihak BUPERTA yang senantiasa membantu baik dari bantuan peralatan kerja bakti maupun konsumsi & air mineral," Ungkap Ketua Komunitas Jemblung, Faizal Supriyadi.

Dia menambahkan tujuan  dari kegiatan ini adalah untuk membiasakan diri hidup di lingkungan yang bersih serta menumbuhkan rasa kesadaran untuk merawat lingkungan di sekitar.

"Sisi positif lainnya ialah olahraga pagi dengan berkeringat dengan melakukan hal yang berguna," Tandasnya.
(Penyerahan alat bantu kerja bakti dari BUPERTA,Dok KJ).

Selain agenda rutin kerja bakti, Komunitas Jemblung juga memiliki beberapa program yang sudah dijalankan, diantara yang utamanya adalah pelestarian danau itu sendiri, mulai dari menjaga dan mengawasi apabila ada tindakan ilegal seperti membuang limbah berbahaya, membuang sampah ke danau dan hal lainnya yg di larang oleh Pemerintah.

"Kita juga selalu menghimbau agar warga atau pun pengunjung danau untuk tidak menangkap ikan dengan menggunakan jaring, dengan ditangkapnya ikan secara massal jelas akan membuat ekosistemnya akan rusak," Imbuh Ketua Komunitas Jemblung.
Tidak sampai di situ, Komunitas Jemblung juga telah bekerjasama dengan berbagai pihak demi terciptanya kelestarian danau, mulai dari kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk pelepasan benih ikan, Kementerian Lingkungan Hidup untuk konsultasi kebersihan air danau hingga Dinas Kebersihan untuk kerjasama dalam pengangkutan sampah.

DV/ID

Posting Komentar untuk "Komunitas Jemblung Gandeng Dinas Hingga Kementerian Rawat Situ Perbatasan Depok"