Beberapa Cara Menolong Orang Saat Tenggelam


                                                                         Image:lifestyle.com


INFODEPOK.NET - Berenang dikolam renang, laut, atau perairan lain, memang terasa menyenangkan. Namun, siapapun bisa tenggelam jika tidak memahami teknik berenang yang baik. Oleh karena itu, penting untuk selalu waspada dan memahami cara menolong orang tenggelam dengan benar.

Tenggelam merupakan kondisi di mana seseorang tidak mampu menjaga bagian mulut berada di atas air untuk bernapas. Pada saat tenggelam, air akan memasuki saluran pernapasan sehingga menutup jalan pernapasan dan korban dapat mengalami penurunan kesadaran hingga tidak sadarkan diri.

Ketika korban tenggelam berhasil dibawa ke darat, segera baringkan. Jika korban tidak bernapas, lakukan pertolongan Cardio Pulmonary Resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru dengan menekan telapak tangan di bagian tengah dada yang sejajar dengan puting. Jika perlu, Anda dapat membantu menekan dengan menggunakan dua tangan yang saling tumpang tindih.Tekan sedalam kurang lebih 5 cm dengan hati-hati, sebanyak 30 kali dengan rata kecepatan sekitar 100 kali tekanan per menit. Dengan kata lain, menekan sebanyak 30 kali dalam waktu sekitar 20 detik. Pastikan dada kembali ke posisi semula sebelum ditekan kembali. Kemudian periksa apakah korban sudah bernapas.

Jika korban belum juga bernapas setelah dilakukan resusitasi jantung paru, coba membuka jalan pernapasan dengan menengadahkan kepala korban dan mengangkat dagu. Namun, hati-hati saat memegang leher korban, karena ada kemungkinan terjadinya cedera leher atau tulang belakang. Pencet hidung korban, kemudian tiupkan udara ke arah mulut korban. Tiupkan dua kali dalam satu detik.

Setelah itu, coba Anda perhatikan apakah dada mengembang saat udara ditiup. Kemudian kembali ke prosedur menekan dada 30 kali. Lakukan secara bergantian sebelum pertolongan darurat datang. Yang penting Anda ingat saat menolong orang tenggelam yaitu tetap tenang. Hindari tindakan tergesa-gesa yang dapat membahayakan diri Anda. Lalu, segera hubungi layanan darurat yang menyediakan pertolongan ahli.


FR/ID

Posting Komentar untuk "Beberapa Cara Menolong Orang Saat Tenggelam"