Tranding Twitter: Daging Wagyu A5 Daging Sapi Jepang Premium, Apa Istimewanya?

Credit Image: detik.com/Twitter

INFODEPOK.NET - Jika Idulfitri lekat dengan ketupat dan maaf-maafan, maka Iduladha lebih identik dengan aktivitas makan daging. Pada hari Iduladha, mereka yang berkurban mendapat jatah maksimal sepertiga dari dagingnya. Di lingkungan, ketika sudah dibagikan kepada mereka yang berhak, daging kurban juga kerap diberikan kepada tetangga sekitar.

Wagyu A5 trending di Twitter lantaran netizen berharap dapat daging premium ini saat Idul Adha. Bahkan cuitannya hingga mencapai 3.787. Selasa (20/7/2021).

Sebenarnya apa sih wagyu A5? Seperti apa keistimewaannya? Simak berikut ini.

Asal-usul daging Wagyu A5

Wagyu berasal dari gabung dua kata Jepang yakni ‘Wa’ yang berarti Jepang dan ‘Gyu’ yang berarti daging sapi. A5 yang disematkan setelah kata Wagyu adalah nilai dari daging sapi Wagyu.

Japan Meat Grading Association memberikan skor pada setiap potongan daging berdasarkan hasil (A-C) mencakup pada marbling, kekencangan, warna dan kualitas keseluruhan (1-5). Daging dengan nilai A5 adalah daging dengan nilai tertinggi.

Dengan nilainya yang tinggi, tak heran Wagyu A5 dikenal sebagai daging sapi dengan harga yang relatif mahal. Untuk satu kilogramnya, daging jenis ini bisa mencapai harga jutaan rupiah.

Sapi-sapi dengan daging A5 juga berdiet dan diberi makan jerami, konsentrat tanaman dan digemukkan sampai seberat 700 kg selama tiga tahun. Mereka tak boleh stress sehingga perlu secara rutin disikat dengan sikat kaku untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Empat jenis anakan utama digunakan untuk produksi Wagyu di Jepang adalah jenis Japanese Black, Japanese Brown, Japanese Shorthorn dan Japanese Polled (an Aberdeen Angus cross). Wagyu modern biasanya merupakan persilangan antara anakan asli yang dalam pertanian dengan anakan impor seperti Brown Swiss, Devon, Shorthorn, Simmental, Ayrshire, dan Korea.

Kuantitas terbatas

Chef Arnold Purnomo, dalam salah satu tayangan YouTube-nya menjelaskan, selain mahal, wagyu A5 juga sebetulnya sulit didapat. Soalnya kuantitasnya amat terbatas. Belum lagi di Indonesia, daging ini hanya memiliki sedikit distributor yang diakui oleh pemerintahan Jepang.

Untuk memotong daging misalnya. Arnold menggunakan tisu supaya tangannya tidak langsung menyentuh daging tersebut. Karena hanya dengan sentuhan tangan, lemak dari daging ini bisa langsung lumer.

Bumbunya pun tak perlu macam-macam. Cukup garam, tanpa minyak karena ada minyak dari lemaknya. "Kalau daging seperti ini, let the quality speaks," ucap Arnold.

 

DR/ID

Posting Komentar untuk "Tranding Twitter: Daging Wagyu A5 Daging Sapi Jepang Premium, Apa Istimewanya?"