Setu Babakan, situs budaya yang lengkap akan objek wisata

 


Jakarta Selatan - Setu Babakan

Setu Babakan beralamat di Jalan M. Kahfi II, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan atau 5 kilometer arah selatan Kebun Binatang Ragunan. Sementara Anda yang pergi dari Pasar Minggu bisa naik kereta api, lalu turun di Stasiun Universitas Pancasila untuk meneruskan perjalanan memakai ojek atau metro mini ke Danau Setu Babakan.

Bagi kalian yang belum tau Setu Babakan, Setu Babakan merupakan tempat wisata yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso pada 20 Januari 2001 didirikan dengan tujuan melestarikan budaya Betawi yang semakin terpinggirkan. Pemilihan Kecamatan Jagakarsa selaku kawasan wisata di Jakarta pun dianggap dapat membantu pengelola mewujudkan keinginan tersebut. Tak hanya itu, Pemerintah DKI Jakarta pun menjadikan Kelurahan Srengseng Sawah sebagai pusat atau cagar budaya masyarakat Betawi untuk mencegah kepunahan dan juga menjadi tempat belajar anak anak soal kesenian Betawi yang mulai pudar.

Nah, Ada banyak yang bisa kita temui di tempat wisata ini, seperti:

• Wisata air

Gambar : Merdeka.co

Menyusuri Setu Babakan dengan perahu bebek adalah salah satu aktivitas yang kerap dilakukan turis. Namun, Anda yang pengin naik secara berkelompok dianjurkan menyewa perahu naga yang daya tampungnya mencapai 20 orang. Masing-masing perahu tersebut telah dilengkapi pelampung serta perlengkapan lain yang akan menjaga keselamatan penumpang.

• Wisata Kuliner

Gambar : kumparan.com

Sejumlah pecinta kuliner menganggap Setu Babakan sebagai salah satu surga makanan khas Betawi. Betapa tidak? Anda bakal dijamu berbagai hidangan khas seperti kerak telur, laksa, tauge goreng, soto Betawi, soto tangkar, gado-gado, hingga bir pletok. Banyak orang yang datang ke tempat wisata ini hanya demi menghilangkan rasa rindu terhadap makanan khas Betawi yang sudah susah kita temui.

• Wisata Kesenian

Gambar : Tempo.co

Wisatawan yang datang pada Sabtu dan Minggu bakal mendapati pagelaran kesenian Betawi yang diselenggarakan dari pukul 9 pagi sampai 7 sore. Samrah, Gambang Kromong, Qasidah, Keroncong Betawi, Tanjidor, dan Gambus adalah segelintir pentas seni yang bisa Anda nikmati. Selain itu, turis juga dapat memotret rumah tradisional khas Betawi yang keberadaannya semakin sulit dijumpai.

 • Wisata Terapi ikan

Gambar : Tempo.co

Kolam terapi ikan berukuran lebar 1,5 meter dan panjang enam meter serta kedalaman 60 sentimeter (cm) tersebut dibangun di atas lahan milik Sudin SDA Kota Jakarta Selatan. Kolam memiliki kapasitas untuk 7-8 orang setelah diterapkan physical distancing. Kolam dibuka setiap hari mulai pukul 08.30-16.00 WIB.

Posting Komentar untuk "Setu Babakan, situs budaya yang lengkap akan objek wisata"