Mengenal Stasiun Kereta Depok

Foto : heritage.kai.id


Stasiun Depok merupakan stasiun ke tiga tertua dari stasiun Batavia yang sekarang kita kenal sebagai stasiun Jakarta Kota, dan stasiun Buitenzorg yang sekarang kita kenal dengan stasiun Bogor yang sudah dioperasikan sejak tahun 1930.

Stasiun Depok adalah stasiun kereta yang berada di Jalan Stasiun, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Stasiun yang kerap disebut Stasiun Depok Lama (Stadela). Setelah selesainya pembangun rel kereta Batavia–Buitenzorg sepanjang 59 Km pada tahun 1880. Stasiun Depok merupakan armada angkutan umum masal pertama yang ramah lingkungan dan merupakan sistem transportasi paling maju di Asia saat itu. 

Selain menjadi angkutan yang ramah lingkungan, ada hal lain yang dapat dilakukan oleh kereta yang melintasi rute Batavia-Buitenzorg yaitu sebagai angkutan utama barang dan komoditi dari hulu sungai Ciliwung. Jalur kereta api Batavia-Buitenzorg mulai dioperasikan (opening) tanggal 31 Januari 1873 (Bataviaasch handelsblad, 29-01-1873).

Kini stasiun Depok memiliki empat jalur kereta aktif, untuk mempercepat perjalanan KRL Commuter Line & Ekonomi dari Bogor dan untuk tempat pemberhentian kereta tujuan Depok. Disekitar wilayah stasiun juga terdapat dua sekolah yaitu SDN 2 Depok dan SDN 4 Depok. Dan juga gereja, yaitu gereja Kristen Pasundan Jemaat Depok. Letak gereja diampit kedua sekolah tersebut. Ternyata hal ini juga menjadi menarik yang ada di Stasiun Depok

Posting Komentar untuk "Mengenal Stasiun Kereta Depok "