Mulai Dari Mencuci Tangan Agar Hidup Sehat

Menjaga kesehatan bisa dimulai dari hal-hal yang paling sederhana, misalnya dengan mencuci tangan. Mulai sekarang jadikan cuci tangan sebagai bagian dari gaya hidup. Tangan adalah organ tubuh yang paling vital untuk menunjang aktivitas setiap saat, dari tangan inilah kita melakukan apa saja yang kita inginkan. Namun, dari tangan ini juga berbagai penyakit berkembang yang dapat menular.

Tanpa kita sadari aktivitas sehari-hari membuat tangan selalu bersentuhan dengan benda-benda, seperti handphone, keyboard laptop, gagang pintu dan benda-benda lain. Sementara itu, kita tidak tahu apakah benda-benda yang kita pegang tersebut bebas kuman dan virus?. Makadari itu, untuk mencegah bakteri atau virus berpindah dari tangan ke dalam tubuh, sebaiknya kita lakukan cuci tangan, sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Ditengah maraknya berbagai varian covid-19 baru belakangan ini, mencuci tangan menjadi salah satu senjata dasar untuk mengatasinya.

Manfaat dari mencuci tangan untuk kesehatan memang sudah diakui. Namun, masih banyak orang yang masih menyepelekannya. Padahal, seiring aktivitas yang kita lakukan tangan pun akan dipenuhi kuman, bakteri, dan virus yang sudah siap masuk kedalam tubuh kita. Tak harus masuk melalui mulut, tapi bisa melalui mata atau hidung. Penyakit infeksi umumnya menyebar melalui kontak tangan ke tangan, termasuk demam, flu dan beberapa kelainan system pencernaan seperti diare.

Mencuci tangan juga menjadi sangat penting sebelum makan, setelah menyentuh hidung, batuk atau bersin ke tangan, sebelum atau setelah menangani luka, menyentuh orang sakit atau terluka, dan yang tidak kalah penting adalah setelah membuang sampah. Mencuci tangan dapat mencegah sakit pada tubuh kita. Untuk itu, biasakan cuci tangan pada anak sejak dini. Untuk membiasakan hal ini, berikan contoh kepada keluarga agar terhindar dari berbagai penyakit. Mulai dari diri kita sendiri untuk keluarga, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. (MR/ID)

Posting Komentar untuk " Mulai Dari Mencuci Tangan Agar Hidup Sehat"