5 Manfaat Makanan Frementasi Bagi Kesehatan Tubuh

 

Credit Image: orami.co.id

INFODEPOK.NET - Fermentasi adalah proses alami ketika mikroorganisme seperti ragi dan bakteri mengubah karbohidrat, seperti pati dan gula, menjadi alkohol atau asam.

Alkohol atau asam berperan sebagai pengawet alami dan menghasilkan rasa yang berbeda pada makanan fermentasi. Proses fermentasi makanan biasanya mengembangkan bakteri baik yang disebut sebagai probiotik.

Bakteri baik yang satu ini telah terbukti memiliki manfaat yang besar bagi tubuh, mulai dari meningkatkan sistem imun hingga baik untuk pencernaan.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari makanan dan minuman fermentasi.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Probiotik yang dihasilkan selama fermentasi dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik pada usus. Hal ini tentu dapat mengurangi beberapa masalah pencernaan, seperti sindrom iritasi usus.

Dilansir dari Harvard Health, beberapa jenis probiotik terbukti dapat meringankan gejala IBS, seperti diare dan perut kembung. Makanan fermentasi seperti yogurt sering dimasukkan ke dalam pola makan pasien yang mengalami masalah usus.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Alasannya pun tak lain tak bukan berkat probiotik di dalam makanan fermentasi. Saluran usus sebenarnya mengandung banyak bakteri dengan jenis yang berbeda.

Salah satu jenis bakteri tersebut yakni Lactobacillus rhamnosus yang dapat menyeimbangkan lingkungan pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Terlebih banyak makanan fermentasi memiliki kandungan vitamin C, sehingga tidak heran bila makanan yang diawetkan ini dipercaya dapat memperkuat sistem imun.

3. Meningkatkan suasana hati

Studi yang mengujicobakan hewan ini melaporkan bahwa strain probiotik Lactobacillus helveticus dan Bifidobacterium longum meringankan gejala depresi.

Kedua jenis probiotik ini bisa Anda jumpai pada makanan fermentasi. Namun, para ahli masih perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah efeknya sama terhadap manusia.

4. Membantu mencerna makanan

Bakteri baik yang berasal dari fermentasi makanan ternyata membantu tubuh memecah karbohidrat kompleks yang dimakan.

Mikrobiota usus memang sangat banyak, sehingga tubuh membutuhkan banyak kandungan serat larut dari makanan, seperti kacang-kacangan, dan jeruk.

Sementara itu, serat tidak larut yang bisa dijumpai di biji-bijian memang berkhasiat bagi tubuh. Sayangnya, jenis serat ini tidak mudah difermentasi, sehingga tidak terlalu berkontribusi terhadap keanekaragaman bakteri usus.

5. Membantu menurunkan berat badan

Dilansir dari The British journal of nutrition, jenis probiotik tertentu, yakni Lactobacillus rhamnosus dan Lactobacillus gasseri dapat menurunkan berat badan.

Bahkan, kedua probiotik yang dihasilkan dari proses fermentasi makanan ini diduga bisa mengurangi lemak pada perut. Namun, penelitian lanjutan masih dibutuhkan guna memastikan temuan ini.

 

DR/ID

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Makanan Frementasi Bagi Kesehatan Tubuh"