5 Cara Mudah Menghemat Air di Rumah, Agar tidak Kekeringan

 

Credit Image: inibaru.id

INFODEPOK.NET - Menghemat air penting untuk kita lakukan, terutama pada musim kemarau. Selain bermanfaat untuk menjaga cadangan air, menghemat air juga merupakan upaya mendukung pelestarian lingkungan hidup.

Beberapa hal juga dapat dipraktikkan di dapur, misalnya menghindari mencuci piring dan peralatan masak dengan air yang terus menerus mengalir. Upaya-upaya tersebut adalah hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk menghemat air. Ada beberapa cara menghemat air yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Gunakan bak atau wadah penampung air dari pada menggunakan air yang mengucur dari keran. Cara ini bisa diterapkan ketika sedang mencuci piring, mencuci sayuran, dan menyiram tanaman di kebun.

2. Kita bisa memanfaatkan musim hujan dengan membuat penampungan air. Penampungan air ini bisa kamu gunakan untuk beberapa keadaan darurat, dan juga untuk menyirami kebun karena tanaman lebih menyenangi air hujan yang alami. Akan tetapi perlu dicatat, penampungan air perlu dipantau dan ditutup rapat saat musim hujan karena berisiko menjadi tempat nyamuk aedes aegypti bertelur dan menyebarkan penyakit DBD.

3. Kurangi durasi mandi. Dengan mengurangi durasi mandi, penggunaan banyak air dapat dihindari.

4. Kontrol ulang keran setiap kali selesai digunakan. Dengan cara ini Anda dapat mencegah terbuangnya air akibat lupa atau kurang kencang menutup keran.

5. Pastikan tidak ada kebocoran pada pipa. Sebab, air bersih yang dibiarkan merembes dari pipa air akan memberikan dampak pemborosan air.

 

DR/ID

Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah Menghemat Air di Rumah, Agar tidak Kekeringan"