CHARTS - Lari Amal Untuk Generasi Penerus yang Lebih Berkualitas

JABODETABEK I INFODEPOK. NET
Gerakan menumbuhkan kepedulian untuk melawan stunting dapat  dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui olahraga lari yang makin banyak digemari masyarakat karena dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Charity Run against Stunting (ChaRTS) adalah gerakan lari amal yang digagas oleh komunitas yang  memberi perhatian khusus pada masalah kesehatan dan partisipasi perempuan. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2023, bertempat di kawasan Ancol, dimulai  pukul 05.00 hingga 09.00 wib.

Ada dua kategori lari amal, 5 dan 10 km, yang dimulai dari sirkuit e-formula dilanjutkan ke kawasan pantai carnaval dan berakhir di sirkuit e-formula.  Target peserta diharapkan 150 pelari untuk meramaikan acara ini. Acara ini juga akan dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, pelari amal. Untuk pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan https://bit.ly/ChaRTS.

“ChaRTS  memberikan kesempatan pada masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pencegahan stunting melalui olahraga lari. Adapun tujuan utamanya adalah untuk  menghimpun dana yang akan digunakan untuk memfasiltasi Gerakan Peduli Stunting (GPS) termasuk memberikan edukasi kepada generasi muda khususnya perempuan”, demikian disampaikan oleh Lestari Octavia, Ketua Panitia ChaRTS, di Jakarta.
 
Stunting merupakan manifestasi malnutrisi kronis yang berlangsung antar generasi dan memerlukan pendekatan multi sektor, pihak, tokoh, disiplin ilmu dalam membantu pengentasannya.Mengedukasi remaja putri dan kelompok majelis taklim menjadi hilirisasi program untuk menyiapkan kelompok usia muda memiliki pengetahuan yang memadai sebelum menjadi ibu di masa yang akan datang yang dapat melahirkan generasi yang berkualitas. 

Edukasi menjadi ujung tombak dalam banyak program untuk mengisi ketimpangan informasi dalam memperbaiki pelaksanaan, termasuk dalam penanganan stunting.

Pencegahan stunting harus dilakukan oleh semua pihak dan secara  berkesinambungan.  Tak bisa dipungkiri perempuan memegang peran sentral dan karena itu program pencegahan melalui edukasi juga ditujukan kepada santriwati yang menuntut ilmu di lingkungan pesantren dan kelompok ibu-ibu yang aktif di majelis taklim.
Dengan kesadaran pentingnya mencegah stunting sejak dini melalui lembaga pendidikan, kelompok perempuan di tingkat komunitas dan keluarga diharapkan menjadi pendorong  terwujudnya  Indonesia yang sehat, kuat menyambut generasi emas 2045. Mari menjadi bagian tumbuh kembangnya anak anak Indonesia, kembali berkembang dan berakar kuat sumber daya manusianya, untuk Indonesia maju. 


Narahubung : Nurul Nurhandjati 0812-8439-210

Posting Komentar untuk "CHARTS - Lari Amal Untuk Generasi Penerus yang Lebih Berkualitas"