Fakta Gas Air Mata Yang Wajib Anda Tahu, Banyak Yang Belum Faham!


INFODEPOK. NET
Penggunaan gas air mata telah menjadi semakin umum selama beberapa dekade terakhir. Lembaga penegak hukum di Amerika Serikat, Hong Kong, Yunani, Brasil, Venezuela, Mesir, dan daerah lain menggunakannya untuk mengendalikan kerusuhan dan membubarkan massa.

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2013 menemukan bahwa komplikasi kesehatan yang signifikan secara klinis dari gas air mata jarang terjadi. Namun, masih ada perdebatan seputar penggunaannya yang dapat diterima.

Beberapa orang merasa diperlukan lebih banyak penelitian untuk menilai keamanannya dengan lebih baik. Anak-anak dan orang-orang dengan komplikasi pernapasan mungkin berada pada risiko tinggi terkena komplikasi ketika terkena gas air mata.

Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana gas air mata memengaruhi kesehatan manusia dan apa yang dapat Anda lakukan jika terpapar gas air mata.

Apa itu gas air mata?
Gas air mata adalah kumpulan bahan kimia yang menyebabkan iritasi kulit, pernapasan, dan mata. Biasanya digunakan dari tabung, granat, atau semprotan bertekanan.

Terlepas dari namanya, gas air mata bukanlah gas. Ini adalah bubuk bertekanan yang menciptakan kabut saat digunakan.

Bentuk gas air mata yang paling umum digunakan adalah 2-chlorobenzalmalononitrile (gas CS). Ini pertama kali ditemukan oleh dua ilmuwan Amerika pada tahun 1928 dan Angkatan Darat AS mengadopsinya untuk mengendalikan kerusuhan pada tahun 1959.

Jenis gas air mata lainnya yang umum termasuk oleoresin capsicum (semprot merica), dibenzoxazepine (gas CR), dan chloroacetophenone (gas CN).
Gas air mata digunakan sebagai senjata kimia dalam Perang Dunia I. Namun, saat ini penggunaannya ilegal untuk digunakan pada masa perang. Pada tahun 1993, banyak negara di dunia berkumpul di Jenewa untuk menandatangani perjanjian internasional untuk mencegah perang kimia.

Pasal I(5) dari perjanjian tersebut menyatakan, “Setiap Negara Pihak berjanji untuk tidak menggunakan agen pengendalian huru hara sebagai metode peperangan.”

Hampir setiap negara menandatangani perjanjian itu kecuali empat negara anggota PBB: Korea Utara, Sudan Selatan, Mesir, dan Israel.

Apa efek gas air mata bagi tubuh manusia?
Kontak dengan gas air mata menyebabkan iritasi pada sistem pernapasan, mata, dan kulit. Rasa sakit terjadi karena bahan kimia dalam gas air mata mengikat salah satu dari dua reseptor rasa sakit yang disebut TRPA1 dan TRPV1.

TRPA1 adalah reseptor rasa sakit yang sama dengan minyak dalam mustard, wasabi, dan lobak untuk memberi mereka rasa yang kuat. Gas CS dan CR lebih dari 10.000 kali lebih kuat daripada minyak yang ditemukan dalam sayuran ini.

Tingkat keparahan gejala yang Anda alami setelah terpapar gas air mata dapat bergantung pada:
apakah Anda berada di ruang tertutup atau ruang terbuka ?
berapa banyak gas air mata yang digunakan ?
seberapa dekat Anda dengan gas air mata saat dilepaskan ?
apakah Anda memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya yang mungkin diperburuk ?
Kebanyakan orang pulih dari paparan gas air mata tanpa gejala yang signifikan.

Sebuah studi 10 tahun yang dilakukan di University of California San Francisco meneliti 4.544 kasus semprotan merica. Para peneliti menemukan 1 dari 15 kemungkinan mengembangkan gejala parah setelah terpapar.

Beberapa efek potensial dari paparan gas air mata meliputi:
Gejala mata
Segera setelah terpapar gas air mata, Anda dapat mengalami gejala mata berikut:
merobek
penutupan kelopak mata yang tidak disengaja
gatal
pembakaran
kebutaan sementara
Pandangan yang kabur
luka bakar kimia
Paparan jangka panjang atau paparan jarak dekat dapat menyebabkan:
kebutaan
pendarahan
kerusakan saraf
katarak
erosi kornea

Gejala pernapasan dan gastrointestinal
Menghirup gas air mata dapat menyebabkan iritasi pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Orang dengan kondisi pernapasan yang sudah ada sebelumnya memiliki risiko lebih tinggi mengalami gejala parah seperti gagal napas.

Gejala pernapasan dan gastrointestinal meliputi:
tersedak
terbakar dan gatal pada hidung dan tenggorokan Anda
kesulitan bernapas
batuk
mengeluarkan air liur
sesak dada
mual
muntah
diare
gagal napas
Dalam kasus yang parah, paparan gas air mata konsentrasi tinggi atau paparan di ruang tertutup atau untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kematian.

Gejala kulit
Ketika gas air mata bersentuhan dengan kulit yang terbuka, dapat menyebabkan iritasi dan rasa sakit. Iritasi dapat berlangsung selama berhari-hari dalam kasus yang parah. Gejala lain termasuk:
gatal
kemerahan
melepuh
dermatitis alergi
luka bakar kimia. 


Gejala gas air mata lainnya
Menurut Physicians for Human Rights, paparan gas air mata yang berkepanjangan atau berulang dapat menyebabkan gejala gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

Paparan gas air mata dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung atau tekanan darah. Pada orang dengan kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya, ini dapat menyebabkan serangan jantung atau kematian.

Tertabrak tabung gas air mata dapat menyebabkan cedera traumatis.
Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa paparan gas CS dapat meningkatkan risiko keguguran atau menyebabkan kelainan janin.

Namun, tidak ada penelitian manusia yang cukup saat ini untuk mengetahui bagaimana gas CS mempengaruhi perkembangan janin pada manusia.

Apa cara terbaik untuk mengatasi efek ini?
Tidak ada obat penawar untuk gas air mata, jadi pengobatan bergantung pada pengelolaan gejala individu.
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Anda harus segera menjauh dari sumber gas air mata setelah terpapar dan mencari udara segar. Uap dari gas air mata mengendap di tanah, jadi sebaiknya mencari tempat yang tinggi jika memungkinkan.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk melepaskan pakaian yang mungkin telah terkontaminasi dan mandi dengan sabun dan air untuk menghilangkan uap dari kulit Anda.
Anda dapat menjernihkan mata dengan membilasnya dengan air sampai Anda benar-benar menghilangkan gas air mata.

Apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegah efek ini terjadi?
Komplikasi gas air mata bisa semakin buruk semakin lama Anda terpapar.

Meminimalkan jumlah waktu Anda bersentuhan dengan gas dengan menjauh secepat mungkin dapat meminimalkan risiko mengembangkan efek samping yang lebih parah.
Anda mungkin dapat meminimalkan paparan Anda dengan menutupi mata, mulut, hidung, dan kulit Anda sebanyak mungkin. Mengenakan syal atau bandana di hidung dan mulut Anda dapat membantu mencegah sebagian gas memasuki saluran udara Anda. Mengenakan kacamata dapat membantu melindungi mata Anda.

Haruskah saya menemui dokter?
Kebanyakan orang yang terkena gas air mata tidak mengalami efek jangka panjang, tetapi dalam beberapa kasus, paparan gas air mata dapat menyebabkan komplikasi parah atau kematian.

Jika Anda terkena gas air mata, Anda harus segera mencari pertolongan medis agar dapat dipantau oleh tenaga medis profesional.

Fakta kunci
Gas air mata biasanya digunakan oleh penegak hukum untuk mengendalikan kerusuhan dan massa. Ini umumnya dianggap sebagai cara berisiko rendah untuk mengelola kerusuhan, tetapi masih ada beberapa perdebatan tentang kapan harus digunakan.
Kebanyakan orang sembuh dari gas air mata tanpa komplikasi.

Namun, orang yang terpapar dosis besar atau yang memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya dapat mengalami gejala parah seperti gagal napas, kebutaan, dan bahkan kematian.

Jika Anda terkena gas air mata, segera hubungi tenaga medis profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

DV/ID

Posting Komentar untuk "Fakta Gas Air Mata Yang Wajib Anda Tahu, Banyak Yang Belum Faham! "