Remaja Kreatif dan Sehat di Masa Pandemi melalui Penggunaan Aplikasi Teknologi Murah dan Inovatif


CIMANGGIS, INFODEPOK.NET
Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai sistem aspek kehidupan, salah satunya ialah proses belajar mengajar pada anak sekolah.

Aktivitas belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka akhirnya diharuskan berubah menjadi pembelajaran jarak jauh secara online atau dalam jaringan (daring).

Akibatnya aktivitas sehari-hari para remaja menurun drastis hingga 70%, kebanyakan remaja hanya menghabiskan waktunya untuk berdiam diri di depan gadget-nya karena harus menjalankan proses pembelajaran jarak jauh.

Melihat kondisi tersebut, sivitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia melakukan pengabdian masyarakat ke remaja usia sekolah untuk meningkatkan aktivitas fisik dengan menggunakan aplikasi pemantauan kesehatan selama masa pandemi.

Pengabdian masyarakat dengan tema remaja kreatif dan sehat di masa pandemi ini dilakukan pada 8 Maret 2022 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Harapan Bangsa, Cimanggis, Depok.

Pengabdian masyarakat ini diketuai oleh  Bapak Dr. Sigit Mulyono, S.Kp., MN, sebagai dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia bersama dengan dua orang dosen lainnya yaitu Ibu Dr. Henny Permatasari, S.Kp. M.Kep., Sp.Kep.Kom., dan Ibu Dwi Cahya R., S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.Kom, dan lima orang residen spesialis keperawatan komunitas.
Kegiatan pengabdian masyarakat dimulai pada pagi hari yang dibuka langsung oleh Ibu Dra. H.  Nurbaiti sebagai Kepala SMP Harapan Bangsa Depok, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Pengabdian Masyarakat FIK UI, Bapak Dr. Sigit Mulyono, S.Kp., MN. 
Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari sosialisasi penggunaan aplikasi, penyampauan materi dan demonstrasi bersama kegiatan olahraga fisik dengan menggunakan aplikasi Ners Peduli Isoman.

Sosialisasi penggunaan Aplikasi Ners Peduli Isoman disampaikan oleh Bapak Dr. Sigit Mulyono, S.Kp. MN, aplikasi tersebut berguna sebagai media pendataan, edukasi dan konsultasi bagi masyarakat yang memiliki gejala Covid-19. Aplikasi Ners Peduli Isoman mudah untuk diakses dan digunakan oleh Siswa SMP Harapan Bangsa, selain itu siswa juga diajarkan menggunakan aplikasi tersebut dengan tujuan untuk mendapat edukasi tentang aktivitas fisik yang tepat selama masa pandemi.

Kegiatan selanjutnya ialah penyampaian materi tentang pentingnya aktivitas olahraga dan pemilihan makanan sehat bagi remaja usia sekolah yang disampaikan oleh Ns. Tengku Widya, M.Kep selaku residen keperawatan komunitas.

Seluruh remaja yang mengikuti kegiatan terlihat antusias dan aktif dalam memberikan pertanyaan ketika sesi diskusi. Setelah sosialisasi materi selesai disampaikan, seluruh remaja diajak untuk mengikuti demonstrasi olahraga yang dipandu oleh empat orang residen lainnya yaitu Ns. Candra Citra, M.Kep., Ns., Syamikar Baridwan, M.Kep., Ns. Yolinda Suciliyana, M.Kep., dan Ns. Sutrisno., M.Kep. Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat kemudian di tutup dengan sesi foto bersama dengan seluruh siswa, guru dan staf SMP Harapan Bangsa Depok.
Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan di berbagai sekolah untuk meningkatkan kesadaran siswa maupun guru-guru sekolah tentang pentingnya aktivitas fisik selama masa pandemi untuk mempertahankan kesehatan.

DV/ID

Posting Komentar untuk "Remaja Kreatif dan Sehat di Masa Pandemi melalui Penggunaan Aplikasi Teknologi Murah dan Inovatif"