Mengenal Pencak Silat Sepak Goreng Asem Di Depok

CIMANGGIS, INFODEPOK.NET
Banyaknya kebudayaan Betawi , seperti kesenian silat bela diri yang bermacam macam nama aliran atau perguruan.

Di antaranya Pencak Silat Goreng Asem, menurut sejarah yang di berikan generasi yang sekarang ini, berdiri di Tahun 1800 di wilayah Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Tanjung Barat.

Untuk saat ini alamat perguruan di Gang H.Marzuki, Kampung Areman Rt 01/05 Kelurahan Tugu Depok.

Menurut M. Marta Dinata selaku pemimpin perguruan, Pencak Goreng Asem awalnya didirikan oleh Bapak Tua Dekle di Tahun 1800, dengan generasi yang lalu hingga ke generasi saat ini sebagai upaya untuk mempertahankan warisan leluhur.
" Alhamdulillah di samping kami belajar silat, ada juga kegiatan mengaji, untuk bekal hidup dunia dan akhirat. Seni bela diri ini di amanahkan Bapak Tua kami terdahulu, untuk kebajikan, agar anak muda sekarang ini harus tau sejarah, di samping itu pula kita sebagia putra Betawi, kudu punya bela diri." Tukasnya.

"Di padepokan kami tidak hanya laki laki, anak wanita pun ada. 
Dan sebenarnya pencak silat ini tidak dianjurkan, dipelajari oleh Orang lain, khusus anak keturunan Bapak Tua Dekle aja, tapi setelah kami pikir, kalau di khusus kan, kami khawatir seni bela diri ini akan punah," Lanjutnya.
" Saya berharap sekali agar seni bela diri ini dapat di ketahui Masyarakat luas, dan dapat di ketahui oleh Pemerintah, agar dapat melestarikan kebudayaan kita, ke depan perguruan ini, berkembang dan dapat di  pelajari generasi yang akan datang, karna ini salah satu kebudayaan Betawi yang harus kita pertahankan," Tutup Marta

DV/ID

Posting Komentar untuk "Mengenal Pencak Silat Sepak Goreng Asem Di Depok"