Jantung Yang Sehat Akan Membuat Hidup Makin Sehat

 




INFODEPOK.NET - Jantung merupakan organ tubuh yang selalu bekerja tanpa henti memompa darah setiap hari. Setiap menitnya, jantung bisa memompa darah 5-6 liter, dan memompa darah 7.500 liter per hari. Jika tidak dijaga dengan baik, risiko penyakit jantung dapat menghampiri bahkan di usia muda.

Beberapa faktor penyebab penyakit jantung di usia muda, di antaranya:

1. Kurang Beraktivitas Fisik

Menurut penelitian, 66,9 persen anak berusia 10 hingga 14 tahun termasuk kurang beraktivitas fisik. Selain itu, orang-orang yang bekerja dengan kurang bergerak akan memicu berbagai penyakit. Oleh sebab itu, memberikan waktu untuk berolahraga dapat mengurangi 15 persen risiko terhadap serangan jantung.

2. Asupan Makanan Harus Seimbang

Penyakit jantung juga bisa berisiko tinggi akibat asupan tidak sehat seperti makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Penelitian dari Mondales menunjukkan orang indonesia suka mengonsumsi camilan tinggi kandungan garam, gula, dan lemak jenuh (GGL) yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung meski rutin berolahraga.

3. Berhenti dan Jangan Mencoba Rokok

Kandungan bahan kimia rokok dapat menganggu kesehatan jantung dan pembuluh darah sekitarnya. Orang dewasa muda yang aktif merokok memiliki peluang mengalami serangan jantung yang berlipat ganda dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Menurut American Heart Association, paparan asap tembakau berkontribusi terhadap sekitar 34.000 kematian akibat penyakit jantung dini dan 7.300 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun.

Risiko penyakit jantung di usia muda dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu, berhenti merokok, serta konsumsi suplemen atau multivitamin bila diperlukan. Jangan lupa untuk periksa kesehatan secara berkala, dan kunjungsi fasilitas kesehatan atau rumah sakit terdekat bila merasakan gejala.

 


FR/ID

Posting Komentar untuk "Jantung Yang Sehat Akan Membuat Hidup Makin Sehat"