Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

INFODEPOK.NET - Manfaat jeruk nipis untuk wajah mungkin belum banyak diketahui. Mulai dari mengurangi jerawat hingga mencerahkan kulit. Cara menggunakannya, bisa dioleskan langsung ke wajah atau minum air perasan jeruk untuk mendapatkan khasiatnya.

Source: duta.co

Manfaat jeruk nipis untuk wajah memang sayang dilewatkan. Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum kalau jeruk nipis menyimpan segudang khasiat untuk tubuh. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara umum, khasiat jeruk nipis untuk wajah nyata adanya.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang sayang dilewatkan

Meski bentuknya yang kecil nan mungil, manfaat jeruk nipis untuk kecantikan berasal dari ragam nutrisi di dalamnya. Buah hijau ini rendah kalori dan mengandung banyak vitamin. Mulai dari vitamin C, A, B, dan E, serta antioksidan yang sangat baik untuk kecantikan wajah. Dari semua nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis, vitamin C dipercaya paling bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.  Berkat kandungan vitamin C di dalamnya, sederet manfaat jeruk nipis untuk wajah ini bisa Anda dapatkan.

1. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah mengurangi tanda-tanda penuaan.  Bertambahnya usia, paparan sinar ultraviolet, dan faktor-faktor lain dapat membuat kulit wajah menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Misalnya, munculnya noda hitam atau keriput pada wajah.  Jeruk nipis bisa menjadi solusi alami untuk mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam jeruk nipis dipercaya dapat menjaga sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas.

Hasil studi pada hewan menunjukkan bahwa manfaat air jeruk nipis untuk wajah yang digunakan dengan cara dikonsumsi dapat membantu mengurangi keriput di wajah dan meningkatkan produksi kolagen. Seperti yang Anda tahu, kolagen sangat penting dalam menjaga kekencangan kulit. Dengan demikian, kemunculan tanda-tanda penuaan bisa terhindarkan.

2. Mencegah dan mengatasi jerawat

Anda bisa memperoleh manfaat jeruk nipis untuk wajah guna mencegah dan mengatasi jerawat.  Jerawat adalah suatu masalah kulit yang dapat muncul akibat penumpukan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Penyumbatan inilah yang kemudian bisa menjadi sarang pertumbuhan bakteri dan memicu peradangan yang berujung pada jerawat. Membersihkan wajah dengan jeruk nipis bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine, disebut bahwa fungsi jeruk nipis untuk wajah sebagai antibiotik alami. Ketika peneliti memasukkan berbagai bakteri, termasuk E.Coli dan Staphylococcus aureus, ke minyak jeruk nipis, hasilnya menunjukkan pertumbuhan bakteri ini terhambat. Nah, Anda bisa mencoba khasiat jeruk nipis untuk wajah dalam membantu mencegah tumbuhnya bakteri penyebab jerawat tersebut. Caranya, Anda cukup memeras beberapa tetes air jeruk nipis ke kapas. Lalu, mengoleskannya pada kulit wajah.

3. Mengencangkan pori-pori kulit

Manfaat jeruk nipis untuk wajah berikutnya adalah mengencangkan pori-pori kulit. Jeruk nipis mengandung zat yang bersifat astringen. Astringen berfungsi untuk mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Dengan demikian, kulit Anda akan tampak lebih mulus, bersih, dan cerah.

4. Meremajakan kulit

Manfaat jeruk nipis untuk wajah selanjutnya adalah meremajakan kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan di dalamnya yang dapat mendukung fungsi kolagen sehingga meremajakan kulit Anda.

5. Mengangkat sel kulit mati

Mengangkat sel kulit mati juga menjadi manfaat jeruk nipis untuk wajah. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada wajah. Akibatnya, wajah Anda bisa menjadi lebih cerah dan bercahaya. Proses pengelupasan sel kulit mati dengan cepat juga mencegah penyumbatan pori-pori sehingga mengurangi kemunculan jerawat dan atau noda bekas jerawat.

6. Mencerahkan kulit

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang mungkin tak disangka-sangka adalah mencerahkan kulit.  Jeruk nipis merupakan zat pencerah alami yang dipercaya dapat mencerahkan kulit, terutama yang terdapat bintik hitam atau noda bekas jerawat.  Untuk mendapatkan khasiat jeruk nipis untuk wajah satu ini, Anda bisa mengoleskan air jeruk nipis ke permukaan wajah yang terdapat noda hitam menggunakan bola kapas. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas wajah sampai bersih.

7. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas yang berasal dari paparan faktor lingkungan dapat menyebabkan degradasi sel yang berkontribusi pada penuaan dan kerusakan jaringan. Fungsi jeruk nipis untuk wajah ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu melawan rantai radikal bebas dan membiarkannya keluar dari dalam tubuh melalui urin. Di sinilah khasiat jeruk nipis untuk wajah bekerja.

MR/ID

Posting Komentar untuk "Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah"