Bermain HP Sebelum Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan

 

Sebagian dari kita mungkin beranggapan bahwa bermain handphone  sebelum tidur dapat membantu agar mengantuk dan akhirnya tertidur pulas. Namun, faktanya malah sebaliknya karena ada banyak bahaya main HP sebelum tidur bagi kesehatan yang harus anda waspadai.

Godaan untuk bermain HP sambil tiduran di atas kasur yang empuk memang sulit dihindari. Namun, Anda harus tahu kalau barang elektronik ini bisa membawa dampak buruk jika tidak digunakan dengan bijak.

Source: kabargames

Berikut adalah berbagai bahaya main HP sebelum tidur bagi kesehatan menurut riset dari peneliti Universitas Harvard.

1. Menghambat fase tidur rapid eye movement (REM)

Fase tidur rapid eye movement atau REM adalah fase tidur yang penting untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Bahkan, fase ini dapat memperkuat ingatan, keterampilan kreatif, hingga kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Ternyata, bahaya main HP sebelum tidur dapat menghambat fase tidur REM ini. Jika tubuh tak mendapatkan fase tidur REM yang cukup, maka Anda bisa merasa pening dan sulit konsentrasi di esok harinya.

2. Mengganggu pikiran sebelum tidur

Salah satu bahaya main HP sebelum tidur yang utama adalah mengganggu pikiran Anda. Dilansir dari Cleveland Clinic, bermain HP dapat merangsang otak sehingga membuat Anda menjadi lebih aktif dan tetap terjaga. Bahkan, melihat HP sebentar saja sudah bisa merangsang otak dan membuat kita sulit tertidur. Efek ini bahkan tetap dapat Anda rasakan setelah HP dimatikan.

3. Menurunkan produksi hormon melatonin

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di dalam tubuh. Hormon melatonin memiliki tugas untuk "memberi tahu" tubuh kapan untuk tidur dan terbangun. Menurut sebuah studi, produksi hormon melatonin dapat terhambat akibat cahaya biru yang dipancarkan oleh layar HP. Saat produksi hormon melatonin terhambat, Anda bisa mengalami insomnia, kelelahan di siang hari, hingga mudah marah.

4. Membuat Anda menjadi waspada

Bagaimana bisa tertidur pulas di saat kewaspadaan kita meningkat? Menurut para peneliti di Universitas Harvard, dampak negatif handphone yang dimainkan sebelum tidur dapat membuat Anda merasa lebih waspada dan akhirnya membuat Anda menunda waktu tidur.

5. Mengundah rasa letih saat terbangun

Masih dari penelitian yang sama, para peneliti menyatakan bahwa bahaya main HP sebelum tidur dapat membuat Anda terbangun dengan rasa letih, kantuk, dan pening di pagi harinya.

6. Bangun kesiangan

Kebiasaan membaca buku atau berita lewat layar HP sebelum tidur dipercaya dapat membuat Anda bangun kesiangan, dibandingkan dengan membaca buku fisik secara langsung.

Cara meningkatkan kualitas tidur agar tubuh menjadi bugar

Setelah memahami berbagai bahaya main HP sebelum tidur, berikut adalah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur

·         Tidur dan bangun di jam yang sama

Tahukah Anda kalau tidur dan bangun di jam yang sama dapat meningkatkan kualitas tidur? Maka dari itu, cobalah untuk tidur dan bangun tepat waktu setiap harinya.

·         Hindari tidur siang terlalu lama

Tidur siang terlalu lama dapat menyulitkan Anda untuk tertidur dengan pulas di malam hari. Jika memang Anda butuh tidur siang, batasi durasinya sebanyak 15-20 menit saja.

·         Hindari stimulan

Jangan mengonsumsi stimulan seperti kafein terlalu dekat dengan jam tidur. Kalau bisa, hindari minum kopi sekitar 8 jam sebelum tidur.

·         Jangan terlalu sering menatap jam

Sering menatap jam saat ingin tidur malah bisa membuat Anda susah tidur. Sebab, hal dipercaya bisa memicu stres. Cobalah jauhkan pandangan Anda dari jam.

·         Berolahraga di waktu yang tepat

Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur Anda jika dilakukan pada waktu yang tepat. Kalau bisa, segera hentikan segala aktivitas olahraga setidaknya 3 jam sebelum tidur, atau kalau bisa, berolahragalah di pagi hari.

Jika tidak segera dihentikan, kebiasaan bermain HP sebelum tidur dapat merusak kualitas tidur Anda dan mengancam kesehatan. Maka dari itu, cobalah untuk mencari kegiatan lain yang dapat membantu Anda tertidur dengan nyenyak.

Posting Komentar untuk "Bermain HP Sebelum Tidur Berbahaya Bagi Kesehatan"