Agar Terjaga Usus Besar Anda, Lakukan 6 Hal Ini untuk Mencegah Kanker Usus

 

Credit Image: hellosehat.com

INFODEPOK.NET - Usus besar terdiri dari sekum yang merupakan kantong di bagian awal usus besar dan rektum yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan kotoran sebelum keluar melalui anus.

Fungsi utama usus besar adalah membuang kandungan elektrolit di dalam tubuh yang tidak tercerna dan membentuk akhir pembuangan agar mudah dikeluarkan dari tubuh.

Memiliki peranan yang cukup besar, membuat usus ini kerap bermasalah jika tidak dijaga dengan baik. Salah satu penyakit membahayakan yang bisa muncul adalah kanker usus besar.

Kanker kolorektal atau usus besar merupakan tumor ganas yang tumbuh pada usus besar atau di bagian paling bawah usus besar yang terhubung ke anus.

Mengutip data dari Global Cancer Observatory (Globocan) tahun 2018 menunjukkan bahwa kanker kolorektal menduduki posisi ke tiga sebagai kanker yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia yaitu sekitar 8,6 persen.


David Liska, MD, seorang ahli bedah kolorektal membagikan enam cara yang dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, serta menjaga usus besar dan rectum.

1. Melakukan screening atau kolonoskopi secara rutin

Mulai dari usia 45 tahun, setiap orang harus menjalani checkup kesehatan, termasuk pemeriksaan kolonoskopi (teropong usus). Hal ini disarankan karena di usia itulah risiko kanker kolorektal mulai meningkat.

Jika ada riwayat kanker kolorektal atau polip prakanker lanjut dalam keluarga, kemungkinan kita harus melakukan kolonoskopi lebih awal dari yang biasanya direkomendasikan.

2. Makan makanan sehat

Kita bisa memulai untuk mengonsumsi lebih banyak sumber serat seperti buah, sayuran, roti gandum, sereal, dan kacang-kacangan . Makanan ini dapat membantu kita memiliki fungsi usus yang sehat.

Batasi konsumsi daging merah, daging tinggi lemak atau olahan, yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar.

3. Jadilah pengamat berat badan

Periksa indeks massa tubuh (BMI) kita secara teratur. Risiko kanker usus besar meningkat jika kita kelebihan berat badan atau obesitas. BMI 25 atau lebih tinggi dapat menyebabkan kita berada di zona bahaya.

4. Mulai berolahraga atau aktif bergerak

Kita bisa melakukan setidaknya 30 menit latihan intensitas sedang sebanyak lima hari dalam seminggu. Ini akan membantu kita mempertahankan berat badan yang sehat dan tetap bebas stres, yang dapat mengurangi risiko kanker.

Contoh latihan intensitas sedang untuk orang dewasa yang sehat yaitu jalan cepat, bersepeda, atau tenis ganda.

5. Membatasi alkohol

Kita perlu membatasi konsumsi alkohol, karena alkohol merupakan faktor risiko kanker secara umum. Batas yang direkomendasikan adalah satu minuman per hari untuk wanita dan dua minuman per hari untuk pria.

6. Berhenti merokok

Selain memang memiliki banyak risiko buruk untuk kesehatan lainnya, merokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus besar. Ada baiknya kita segera mengambil langkah untuk berhenti merokok.

 

DR/ID

Posting Komentar untuk "Agar Terjaga Usus Besar Anda, Lakukan 6 Hal Ini untuk Mencegah Kanker Usus"