6 Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Pertumbuhan Rambut

 

Credit Image: tagar.id

INFODEPOK.NET - Penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dalam mencapai hasil rambut yang panjang dan sehat. Tetapi, penting juga untuk memperhatikan pola makan Anda. Kondisi rambut yang kering, kasar, tebal, maupun halus adalah tanda-tanda kesehatan tubuh Anda dari dalam.

Setiap helai rambut terdiri dari sel-sel yang mengandung protein kuat yang disebut keratin dan harus terus diberi nutrisi dengan mineral dan vitamin, untuk membuat rambut menjadi panjang dan kuat.

Tetapi paling tidak kita bisa mencoba memperbaiki pertumbuhan rambut dengan memperhatikan asupan makanan. Berikut ini jenis makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan kulit kepala yang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut.

1. Bayam

Mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh sel rambut.  Zat besi memiliki peran penting untuk membawa oksigen dan nutris ke kulit kepala.

2. Alpukat

Berguna untuk sirkulasi darah dan membantu folikel bekerja lebih efisien untuk mendorong pertumbuhan rambut.  Selain itu juga untuk menjaga keseimbangan kadar minyak dan PH yang berpengaruh pada pertumbuhan sel rambut.

3. Jeruk

Mengadung vitamin C untuk memproduksi kolagen untuk memperkuat batang rambut dan mempercepat pertumbuhan. Bahkan disarankan untuk mengkonsumsi jeruk nipis demi memenuhi kebutuan vitamin C.

4. Telur

Kebutuhan protein tinggi pada rambut bisa dipenuhi oleh telur, sehingga mengurangi resiko kerontokan.

5. Wortel

Mengandung vitamin A yang berguna untuk memproduksi sel pertumbuhan rambut.  Sehingga jika ingin memiliki rambut tumbuh lebat dengan cepat, wortel sangat disarankan untuk dikonsumsi ataupun diminum sebagai juice. Selain itu wortel juga memproduksi minyak sebum alami yang menjaga kulit kepala dan akar rambut agar sehat.

6. Gandum

Memiliki kekayaan biotin, zat besi, seng, dan vitamin B.  Biotin diperlukan untuk proliferasi sel dan memiliki peran penting dalam memproduksi asam amino (protein) yang diperlukan untuk menumbuhkan rambut.

 

DR/ID

Posting Komentar untuk "6 Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Pertumbuhan Rambut"