Penting! 10 Jenis Buah yang Mengandung Gula Tinggi

 

Credit Image: ayopurwakarta.com

INFODEPOK.NET - Setinggi apa pun kandungan gulanya, buah tetap baik dikonsumsi. Hal itu dikarenakan gula dalam buah sedikit berbeda dengan gula buatan karena serat dan manfaat kesehatannya. Ketika membahas tentang rekomendasi makan yang sehat buah-buahan pasti masuk dalam daftar.

Ada beberapa buah yang mengandung gula tinggi. Bagi mereka yang membatasi asupan gula, ada baiknya selektif sebelum mengonsumsi buah tinggi gula.

Bukan berarti mengonsumsi buah yang mengandung gula tinggi dapat langsung memberikan dampak negatif terhadap metabolisme tubuh. Selama dikonsumsi sewajarnya, tak ada masalah dan Anda tetap bisa mendapatkan nutrisinya. Berikut ini beberapa jenis buah yang mengandung gula tinggi.

1. Mangga

Ada sekitar 45 gram gula dalam sebutir mangga. Sementara kalorinya sekitar 99 kalori, sehingga orang yang sedang menjaga berat badan atau membatasi asupan gula, sebaiknya konsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan.

2. Leci

Buah bulat berwarna daging putih dan kulit merah atau hijau ini mengandung 29 gram gula pada tiap cangkirnya. Oleh sebab itu, disarankan mengonsumsinya sewajarnya. Bukan hanya gulanya saja yang tinggi. Kalsium di dalamnya mencapai 136 miligram, jauh lebih tinggi dari rekomendasi asupan harian sebanyak 75 miligram.

3. Anggur

Secangkir anggur mengandung 23 gram gula. Terlebih, seseorang bisa saja tanpa terasa sudah mengonsumsi anggur cukup banyak tanpa terasa. Alternatifnya, coba iris anggur menjadi dua dan bekukan di freezer. Ini adalah strategi untuk mengonsumsinya secara perlahan dan sewajarnya.

4. Apel

Buah apel yang berukuran sedang mengandung gula sekitar 19 gram. Namun, buah tinggi serat ini akan membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama. Jadi, tentu dapat membatasi asupan kalori agar tidak berlebih.

5. Ceri

Buah yang kerap menjadi hiasan cake ini mengandung 18 gram gula per cangkirnya. Dengan kandungan gula setinggi itu, tak heran banyak orang merasakan sensasi seperti makan permen saat mengonsumsinya. Selain itu, secangkir buah ceri juga mengandung 97 kalori dan 25 gram karbohidrat.

6. Jeruk

Buah yang mengandung gula tinggi berikutnya adalah jeruk. Dalam sebutir jeruk berukuran besar, ada 17 gram gula. Selain itu, juga terdapat antioksidan seperti vitamin C yang sudah memenuhi kebutuhan harian Anda. Jika ingin mengonsumsinya, sebaiknya pilih jeruk utuh ketimbang olahan berupa jus.

7. Pir

Buah pir mengandung 17 gram gula. Selain itu, juga terdapat 6 gram serat dalam buah berukuran sedang sehingga sama seperti apel, bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Di dalam buah pir juga terdapat 27 gram karbohidrat dan 101 kalori.

8. Nanas

Mirip seperti buah pir, secangkir nanas mengandung gula sebanyak 16 gram. Selain itu, nanas juga memenuhi 131% kebutuhan vitamin C harian dan 76% kebutuhan mineral berupa mangan. Jika ingin mengolahnya menjadi jus selain dimakan langsung, maka tak perlu memberikan tambahan gula.

9. Semangka

Terdapat sekitar 17 gram gula dalam irisan semangka berukuran sedang. Seperti namanya, semangka mengandung banyak air dan mineral berupa elektrolit yang dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

10. Pisang

Sebuah pisang berukuran sedang memiliki kadar gula sekitar 14 gram. Kalorinya pun sekitar 105. Menariknya, buah berwarna kuning ini juga mengandung serat, potasium, dan magnesium. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan yang dapat meredakan peradangan.

 

DR/ID

Posting Komentar untuk "Penting! 10 Jenis Buah yang Mengandung Gula Tinggi"