5 Tanaman Obat Yang di Sediakan Sanggar Sangkar Semut dan Manfaatnya

Depok, Kamis 8 Juli 2021. Sanggar Sangakar Semut yang terletak di Jl. Kampung Bojong, RT 01 RW 02, Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok ini menyediakan beberapa tanaman obat herbal.

Sebelum beralih ke obat dokter, sudah jadi kebiasaan orang-orang Indonesia untuk lebih dulu mencoba berobat pakai jamu-jamuan dari tanaman obat.

Setiap jenis tanaman mungkin memiliki komposisi senyawa yang berbeda satu sama lain, sehingga manfaatnya juga mungkin bervariasi antar satu tanaman obat dengan yang lain.

Umumnya setiap bagian dari tumbuhan obat bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan khasiatnya.

Mulai dari daun, batang, buah, kulit, biji, akar, hingga umbi atau rimpangnya yang kemudian dikonsumsi dalam berbagai bentuk seperti dimakan mentah-mentah, untuk bumbu dapur, obat oles, hingga diracik menjadi jamu minum.

Namun, Sanggar Sangakar Semut menenamkan beberapa tanaman herbal untuk pengobatan, berikut ini adalah beberapa tanamannya.

1. Tanaman Binahong

Binahong merupakan tanaman rambat yang kaya akan manfaat. Biasanya, tanaman binahong banyak dibudidayakan di pekarangan. Tidak heran, binahong termasuk dalam Tanaman Obat.

Binahong tumbuh merambat dengan batang daun yang pendek. Daun binahong berwarna hijau berbentuk hati. Tanaman binahong dikembangbiakkan dengan menanam biji atau bagian akarnya. Binahong banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan herbal. Dari seluruh bagiannya daun binahong yang kerab dijadikan obat herbal.

Kaya akan antioksidan membuat daun binahong dipercaya efektif mengobati sejumlah penyakit seperti, maag, gagal ginjal, mencegah kanker, sariawan kronis, darah rendah, jerawat, mengobati luka, batuk, sesak nafas, lemah syahwat, melancarkan haid, dan meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh.


2. Tanaman Jarak

Daun jarak merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Daun jarak ini diketahui mempunyai berbagai kandungan yang berguna bagi tubuh. Mulai dari kandungan alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempderol, dan quercetin. Beberapa kandungan dalam daun jarak ini dikatakan mampu mengatasi berbagai gangguan penyakit.

Manfaat daun jarak bagi kesehatan yaitu, berguna untuk meredakan sariawan, mampu mengatasi perut kembung, dapat digunakan untuk menurunkan panas demam anak, untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar, mampu menghilangkan gangguan kulit kurap, dapat mengatasi gangguan rematik, dapat menstabilkan kadar gula darah, dan memperbaiki kerusakan hati.


3. Tanaman Saga

Daun saga adalah bagian dari salah satu jenis tanaman polong yang memiliki khasiat dalam dunia pengobatan tradisional. Daun saga diketahui memiliki kandungan senyawa flavonoid (antioksidan), triterpene glycosides, abrin, dan alkaloids. Daun saga juga memiliki efek antibakteri, bantu mengontrol gula darah dan meningkatkan sistem imun.

Daun saga dalam dunia pengobatan tradisional sangat populer digunakan untuk menyembuhkan penyakit, mengobati sariawan, mengobati batuk, meredakan panas dalam, mengobati sakit perut, meningkatkan nafsu makan, dan melawan keberadaan bakteri jahat di dalam tubuh.


4. Tanaman Kumis Kucing

Tanaman yang dikenal sebagai bahan dasar pembuatan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman yang memiliki bentuk bunga berwarna putih hingga keunguan ini dipercaya memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan ekstrak kumis kucing tersebut dinilai mampu mencegah beragam penyakit, mengobati batuk, mencegah penyakit ginjal, mengatasi keputihan, mengobati infeksi saluran kemih, mengatasi rematik, obat anti jamur, mengatasi susah buang air besar, dan mengatasi batu empedu.


5. Tanaman Sirih Merah

Sirih merah merupakan salah satu tanaman obat potensial yang diketahui secara empiris memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Daun sirih mempunyai aroma yang khas karena mengandung minyak atsiri, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, yodium, gula dan pati.

beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit, obat antiseptik alami, menjaga kesehatan mulut dan gigi, menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, bantu obati luka, dan obati kanker payudara.

Posting Komentar untuk "5 Tanaman Obat Yang di Sediakan Sanggar Sangkar Semut dan Manfaatnya"