Inovasi Dan Transformasi Digital BUSKIPM Utamakan Sisi SDM


JABODETABEK I INFODEPOK.NET
Dalam pembukaan Pekan Pelayanan Publik BUSKIPM disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Balai Uji Standar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM) Ade Noor Kusumahati yang menegaskan bahwa transformasi digital bukanlah tentang teknologi tapi tentang sumber daya manusia yang perlu dirubah pola pikir serta perilakunya Melalui Penanggung jawab Tim Penerapan Standar Pelayanan Publik, Ende Dezeanto 

“Bertransformasi secara digital untuk kemudahan pelayanan publik tentunya bukan sekedar melakukan perubahan proses bisnis dari manual menjadi otomasi dan bukan juga mengadopsi teknologi tercanggih untuk menggantikan teknologi yang sudah ada yang ketinggalan zaman.Tetapi bertransformasi digital ini mengandung makna yang lebih dalam, yaitu mencakup perubahan pola pikir serta diikuti dengan perubahan cara berperilaku,” kata Ende disela acara rangkaianan Pekan Pelayanan Publik yang Terstandar di Gedung laboratorium BUSKIPM, Selasa (15/08/2023).

Ia juga menyebutkan bahwa transformasi Birokrasi akan berlari dengan semakin cepat ketika orientasinya pada hasil dan kinerja pelayanan yang efektif, efisien, dan ekonomis serta didukung oleh budaya birokrasi yang berintegrasi yang tinggi.

Balai Uji Standar KIPM dalam rangkaian kegiatan Pekan Pelayanan Publik 2023,yang diselenggarakan dari tanggal 10 s/d 16 Agustus 2023 seluruh pegawai baik ASN dan Non ASN lingkup BUSKIPM menggunakan Pakaian Adat dalam melakukan pelayanan kepada pengguna jasa dan memberikan penghargaan  kepada pengguna layanan BUSKIPM. 

Ada hal menarik dalam aktifitas hari ini dengan mengedepankan kearifan budaya lokal Betawi disajikan pula makanan berupa Kerak Telor dan Selendang Mayang yang merupakan makanan tradisional Betawi, dan disajikan pula jajanan diruang pelayanan seperti biji ketapang, kembang goyang, bir pletok, dodol Betawi yang disuguhkan untuk pengguna layanan yang datang ke BUSKIPM, dengan memberikan Pelayanan kami yang sepenuh hati dan selalu SMART. 

Diakhir rangkaian acara, Plt Kepala Buskipm menyampaikan :

 “Inovasi pelayanan publik sangat diperlukan dalam mewujudkan  Good Governance. Seperti moto Menpan one agency one inovation, dengan adanya inovasi membuat pelayanan publik menjadi mudah dan tidak berbelit-belit,  lebih menarik dan non diskriminatif sehingga membuat masyarakat menikmati pelayanan yang diberikan oleh pemerintah, “Standarisasi produk layanan yang kita berikan sangat penting karena merupakan sebuah penjaminan terhadap layanan yang kita berikan. Sehingga pengguna layanan percaya dan daya saing produknya meningkat,”.
 “Kemudahan dan kesederhanaan ini lah yang akan menjadi kunci untuk memaksimalkan pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat. Sehingga pengguna layanan atau masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang efektif dan efisien,” tutupnya.

DV/ID

Posting Komentar untuk "Inovasi Dan Transformasi Digital BUSKIPM Utamakan Sisi SDM"