Mata Air Cipucuk Ampel Hilang 40 Tahun Kini Ditemukan, Airnya Bisa Langsung Diminum

Mata Air Cipucuk Ampel yang terletak di pinggiran sungai Ciliwung beralamat Jl. Aster 1 Kampung Serab, Tirtajaya, Sukmajaya, Depok. Mata air yang sempat menghilang tak diketahui keberadaannya selama 40 tahun lalu kini kembali dilestarikan oleh Komunitas Pelestarian Mata Air Ciliwung Cipucuk Ampel.
Mata Air tersebut ditemukan kembali pada 14 September 2021. Diperkirakan usia mata air ini sudah ada sejak dari tahun 1914.

Menurut bang Mahmud salah satu perwakilan komunitas tersebut mengatakan Mata Air ini dibilang sangat unik karena dahulu mata air ini mengalir berlawanan dengan aliran sungai Ciliwung.

Mata air ini airnya bisa langsung dikonsumsi langsung dari sumber mata air tersebut tanpa harus dimasak. Jadi jika Anda berkunjung ke lokasi ini, silahkan rasakan kesegaran air mata air Cipucuk Ampel.

"Jika aliran sungai Ciliwung mengalir ke utara maka mata air Cipucuk Ampel mengalir ke arah selatan. Bahkan air dari sumber mata air ini bisa langsung dikonsumsi untuk diminum tanpa harus dimasak", terang Bang Mahmud.

Tempat ini awalnya tak terjamak penuh dengan alang-alang namun perlahan tempat mata air ini mulai ditata mulai dirapihkan.

"Dikerjakan dengan penuh keikhlasan sukarela dengan peralatan seadanya, Alhamdulillah tempat ini menjadi mulai bersih dan tertata bisa menjadi tempat silaturahmi yang baik", jelas Bang Mahmud.

Mata air bisa menjadi objek wisata Kota Depok. Diharapkan lokasi mata air ini bisa menjadi lokasi wisata lokal kota Depok karena saat ini sedang tahap pembenahan.

"Semoga juga pihak terkait dan Pemkot Depok bisa memberikan support untuk pengembangan penataan lokasi mata air Cipucuk Ampel", tutup Bang Mahmud.


1 komentar untuk "Mata Air Cipucuk Ampel Hilang 40 Tahun Kini Ditemukan, Airnya Bisa Langsung Diminum "