Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UI Ingatkan Antisipasi Covid Gelombang 3


CIMANGGIS, INFODEPOK.NET
Saat ini Indonesia masih menghadapi masa pandemi COVID-19, bahkan diprediksi akan terjadi gelombang ke-3 COVID-19 yang diperkirakan terjadi awal tahun.

Demi mencegah terjadinya gelombang ke-3 COVID-19, sivitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia melakukan pengabdian masyarakat yang bekerja sama dengan stakeholder dan masyarakat Kelurahan Curug.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan pada Selasa, 02 Desember 2021 di Aula Kelurahan Curug ini diketuai oleh Bapak Dr. Sigit Mulyono, S.Kp., MN, sebagai dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia bersama dengan dua orang dosen lainnya dan lima orang mahasiswa berupaya untuk melakukan pencegahan terjadinya gelombang ke-3 COVID-19.

Adapun rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari kegiatan kampanye  gerakan menggunakan masker kepada masyarakat dan sosialisasi berbagai materi tindakan pencegahan penyebaran COVID-19 kepada kader kesehatan, karang taruna dan tokoh masyarakat perwakilan tiap Rukun Warga (RW) di Kelurahan Curug.

Kegiatan sosialisasi tersebut terdiri dari materi tentang pencegahan dan pengendalian Covid-19, pentingnya vaksinasi dan peran kader dan masyarakat.

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dengan memantau masyarakat yang sedang melintas di depan Kantor Kelurahan Curug sekaligus memberikan masker kepada masyarakat terutama masyarakat yang tidak menggunakan masker membagikan masker.

Kampanye gerakan menggunakan masker ini dilakukan sejak pagi hari pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB yang dilakukan oleh lima orang mahasiswa ners spesialis komunitas.
Banyak warga yang sudah abai dengan protokol kesehatan terutama abai dalam menggunakan masker, hal ini dibuktikan terdapat 37 warga yang melintas tanpa menggunakan masker hanya dalam waktu satu jam kegiatan kampanye gerakan menggunakan masker.

Beberapa warga menyatakan bahwa mereka terburu-buru keluar rumah dan merasa sudah tidak ada Virus Corona.

Kegiatan pengabdian masyarakat kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi di ruangan Aula Kantor Kelurahan.

Pembukaan acara dilakukan dengan sambutan dari Bapak ketua pengabdian masyarakat, kemudian Kepala Puskesmas Cimanggis sebagai Puskesmas yang wilayah kerjanya adalah Kelurahan Curug dan kemudian dibuka oleh Ibu Esih Emiasi, SKM., MA selaku kepala seksi Kesehatan Masyarakat Kelurahan Curug sekaligus mewakili Bapak Lurah Curug yang berhalangan hadir.

Materi pertama ialah sosialisasi pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang disampaikan oleh Bapak Dr. Sigit Mulyono, S.Kp., MN, kemudian dilanjutkan dengan materi kedua tentang pentingnya vaksinasi untuk mencegah terjadinya infeksi COVID-19 yang disampaikan oleh Ibu Dwi Cahaya R, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.Kom. Para undangan, yang terdiri dari kader kesehatan, ketua RW dari total 11 RW, ketua Satgas Covid-19, dan LPM Kelurahan Curug, terlihat sangat antusias mengajukan pertanyaan dan memperhatikan materi yang disampaikan.

Sosialisasi materi selanjutnya ialah tentang peran kader dan masyarakat dalam gerakan temukan kejadian COVID-19 di masyarakat yang disampaikan oleh Ns. Syamikar Baridwan, M.Kep sebagai mahasiswa ners spesialis keperawatan.

Rangkaian acara tersebut kemudian ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan stakeholder dari Fakultas Ilmu Keperawatan dan dari Kelurahan Curug, Cimanggis. Kelancaran kegiatan tersebut tidak terlepas dari peran aktif dari lima orang mahasiswa ners spesialis yaitu Ns. Tengku Widya Naralia, M.Kep., Ns. Candra Citra, M.Kep., Ns., Syamikar Baridwan, M.Kep., Ns. Yolinda Suciliyana, M.Kep., dan Ns. Sutrisno., M.Kep. Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini, dan berkomitmen akan melakukan tindakan pencegahan serta pengendalian COVID-19, mendorong warganya untuk vaksinasi dan aktif dalam pelaporan dan pemantauan warga yang terinfeksi COVID-19.

DV/ID

Posting Komentar untuk "Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UI Ingatkan Antisipasi Covid Gelombang 3"