Warga Depok Harus Tau Manfaat Kartu Depok Sehat (KDS)

 


INFODEPOK.NET - Warga depok menyambut antusias peluncuran KDS (Kartu Depok Sehat), Banyak warga yang mengapresiasi janji Walikota saat kampanye beberapa waktu lalu. Harapan warga Depok dengan diluncurkan KDS ini, agar KDS ini bisa tepat sasaran. Untuk menghindari penerimaan tidak tepat sasaran Pemerintah Kota Depok berupaya semaksimal mungkin untuk mencari data akurat dengan bantuan data-data kependudukan.

Integrasi data DTKS dan non-DTKS Dalam peluncuran KDS, Idris berujar, bahwa layanan tersebut secara kertas didasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Namun, Idris mengatakan, "baik yang sudah masuk DTKS  maupun yang belum terdaftar di dalamnya akan dibantu untuk diverifikasi sesuai regulasi". Sehingga, program KDS disebut dapat mengintegrasikan data penerima Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial maupun non-DTKS.

Idris mengeklaim, pihaknya akan terus memperbaiki DTKS agar datanya semakin tepat sasaran, valid, dan aktual.  “Rencana kami akan buatkan aplikasi, di mana warga prasejahtera bisa mendaftar sehingga dapat diverifikasi dan menjadi lebih cepat diajukan (untuk menerima layanan) karena semua DTKS ada di pemerintah pusat," jelas Idris dalam keterangan tertulis. "Secara bertahap tentunya bantuan ini akan kita salurkan. Penerima bantuan adalah khusus bagi masyarakat kurang mampu, lansia, disabilitas yang masuk dalam DTKS maupun masyarakat miskin yang belum masuk DTKS," tandasnya.

Ia melanjutkan, Pemerintah Kota Depok akan terus memantau penyaluran KDS, untuk memastikan setiap bantuan tepat sasaran. "KDS akan distribusikan dalam dua jenis yakni ATM Berbasis Kartu Keluarga, dan ATM bagi siswa didik kurang mampu dari SD hingga pendidikan tinggi,” ujar Idris. "Melalui KDS, Pemkot Depok berharap dapat mengangkat derajat warga yang kurang mampu, mengentaskan kemiskinan ,” imbuhnya.  

Ada tujuh penerima manfaat KDS Sesuai janji kampanye. Program KDS itu menyasar pada tujuh kategori penerima manfaat yang disebutkan sebagai berikut;

Pertama adalah pelayanan kesehatan gratis melalui bantuan iuran Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Depok.

Kedua, penerima adalah bantuan pendidikan bagi siswa dan mahasiswa yang berprestasi.

Ketiga, renovasi Rumah Tidak layak Huni (RTLH).

Keempat, bantuan Santunan Kematian (Sankem).

Kelima, bantuan ketersediaan pangan.

Keenam, lanjut Idris, yakni bantuan untuk para lansia dan penyandang disabilitas.

Ketujuh, bantuan pelatihan keterampilan dan penyaluran kerja.

Tahun ini, Pemerintah Kota Depok juga telah menetapkan jumlah penerima manfaat untuk masing-masing kategori, yaitu terdiri dari: 4.000 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Penerima Bantuan Iuran (PBI), 1.744 renovasi Rumah Tidak Layak huni (RTLH), 3.000 bantuan pangan bagi lansia dan disabilitas, 923 santunan kematian, 8.770 bantuan siswa SD/MI, 459 bantuan siswa SLB, 6.872 bantuan siswa SMP/MTS sederajat, 774 bantuan siswa SMK sederajat, 40 bantuan pelatihan keterampilan dan penyaluran kerja.
 

FR/ID

1 komentar untuk "Warga Depok Harus Tau Manfaat Kartu Depok Sehat (KDS)"