Glorifikasi Terhadap Saipul Jamil Dianggap Berlebihan, Membuat Korban Makin Tertekan

 

credit image: celebrity okezone.com

DEPOKINFO.COM - Pedangdut Saipul Jamil kembali menuai kritik tajam usai bebas dari penjara karena terlibat dalam kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur dan penyuapan. banyak pihak yang kecewa dengan perilaku saipul dan yang di perlakuin terlalu berlebihan di sejumlah stasiun televisi.

Komnas Perlindungan Anak menyatakan kejahatan seksual merupakan tindak pidana serius dan luar biasa. Sehingga, penyambutan kebebasan dsaipul jamil dari hukuman sebagai pelaku pelecehan seksual tersebut di anggap sangat berlebihan dan tidak mendidik.

“Dikhawatirkan semua predator kejahatan seksual yang telah mendapat pembebasan itu ditiru seperti yang dilakukan Saipul Jamil,” kata Komnas Perlindungan Anak dalam keterangan resmi.

Komnas Perlindungan Anak menilai sabutan terhadap Saipul bak pemenang dalam sebuah pertandingan kejuaraan dunia, diarak dengan mobil terbuka, dan dielu-elukan seperti pahlawan selepas dibebaskan dari penjara adalah sangat berlebihan dan sangat menyakiti rasa kemanusian dari perasaan korban.

Komnas Perlindungan Anak juga menegaskan saipul sudah seharusnya mendapat pemantauan secara sosial. Saipul juga dinilai sosok publik figur yang patut dicontoh dari perbuatannya yang tidak pantas.

“Komnas Perlindungan Anak meminta program televisi maupun  program-program reality show untuk sementara tidak memberikan kesempatan mengisi program televisi dan program televisi lainnya, dan mengeksploitasi kebebasannya setelah menjalani hukuman dari kejahatan seksual yang di lakukannya. Sebab kejahatan seksual merupakan tindak pidana khusus dan merupakan kejahatan atas martabat kemanusiaan,” kata Komnas Perlindunan Anak.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarto menegaskan tidak ada tempat bagi orang yang pernah melakukan tindak asusila terhadap anak. Retno juga menegaskan Glorifikasi terhadap Saipul sangatlah tidak tepat dan berbahaya.

“Berikutnya bisa menganggap kekerasan seksual sebagai sesuatu yang normal. Ini sangat berbahaya,” ujarnya.

 

Posting Komentar untuk "Glorifikasi Terhadap Saipul Jamil Dianggap Berlebihan, Membuat Korban Makin Tertekan"