Turunkan Suhu Udara Ruangan Dengan Cara Simpel

INFODEPOK.NET - Sebagai negara yang beriklim tropis, saat musim kemarau cuaca akan cenderung terik dan mengalami kenaikan suhu. Hal ini lantas membuat banyak orang merasa kegerahan sekalipun berada di dalam rumah. Sebenarnya, langkah mudahnya tinggal pasang AC saja. Tapi biayanya yang mahal dan tagihan listrik yang pasti melonjak, membuat beberapa orang jadi mikir dua kali. Banyak  alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan suhu dalam rumah. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba biar rumah lebih terasa dingin walau tanpa AC.

Source: lokadata.id


Bukalah jendela tapi pasangi roller blind supaya nggak kena panas matahari. Cara ini akan jauh efektif, jika roller blind dipasang sesuai ukuran jendela untuk ruang ukuran sedang, kamar tidur misalnya. Dengan memakai roller blind kamu bisa menghemat tujuh persen tagihan listrik, daripada harus pasang AC.

Pastikan lampu dalam ruangan juga sudah dimatikan, cahaya lampu juga bisa bikin suhu ruang naik. Apalagi jika yang dipakai watt-nya cukup besar. Maka, jika matahari sudah mulai terbit, matikan segera lampu dalam rumah. Selain lampu, usahakan untuk tidak sering-sering menyalakan benda yang bikin panas ruangan, seperti kompor misalnya.

Menjelang siang, semprotkan air di halaman atau depan rumah. Membasahi area depan bisa menurukan suhu yang akan masuk ke dalam rumah. Selain itu cara ini juga efektif untuk menghalau debu yang mengotori lantai rumah. Biar efektif, siram halaman depan beberapa kali hingga dalam rumah terasa lebih sejuk.

 MR/ID

 

Posting Komentar untuk "Turunkan Suhu Udara Ruangan Dengan Cara Simpel"