RS COVID-19 Irak Terbakar Hebat, 52 Orang Tewas, 22 Luka

Gambar : Channel News Asia

Selasa, 13 Juli 2021

Sebanyak 52 orang tewas dan 22 lainnya luka-luka dalam kebakaran hebat di sebuah rumah sakit untuk pasien COVID-19 di kota Nassiriya, Irak selatan. Tragedi yang terjad hari Senin malam ini diduga dipicu oleh ledakan tangki oksigen.

Kebakaran hebat yang melanda Rumah Sakit Al-Hussein semalam telah berhasil dikendalikan oleh pasukan pertahanan sipil setempat.

Haydar al-Zamili, juru bicara otoritas kesehatan setempat, mengatakan Selasa (13/7/2021) pagi bahwa 52 mayat telah ditemukan dan 22 orang lainnya terluka. Menurutnya, kobaran api melahap bangsal isolasi COVID-19.

"Korban meninggal karena luka bakar dan pencarian masih berlanjut," katanya, seraya menambahkan bahwa ada kekhawatiran para korban lain masih bisa terjebak di dalam gedung.

Bangsal isolasi COVID-19 di rumah sakit itu memiliki ruang untuk 70 tempat tidur.

Ketika penyelamat menyisir gedung yang hangus asap untuk mencari lebih banyak jasad, Perdana Menteri (PM) Mustafa al-Kadhimi mengadakan pertemuan mendesak dengan para menteri senior dan memerintahkan penangguhan dan penangkapan manajer kesehatan dan pertahanan sipil di Nassiriya.

PM al-Kadhimi, dalam sebuah pernyataan, memerintahkan manajer rumah sakit diskors dan ditangkap.

“Bencana Rumah Sakit Al-Hussein adalah bukti nyata kegagalan melindungi kehidupan warga Irak, dan inilah saatnya untuk mengakhiri ini,” tulis Mohamed al-Halbousi, Ketua Parlemen Irak, di Twitter.

Kementerian Dalam Negeri Irak mengatakan di Facebook Senin malam bahwa api melahap bangunan sementara yang didirikan di sebelah bangunan utama, tetapi tidak merinci penyebabnya.

Sumber : SINDONNEWS.COM


Posting Komentar untuk "RS COVID-19 Irak Terbakar Hebat, 52 Orang Tewas, 22 Luka"