Penyemprotan Disinfektan Untuk Pencegahan Penyebaran Virus

 

Depok, Kamis 8 Juli 2021 Sanggar Sangkar Semut telah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di lingkuan antar RT dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Source: liputan6.com

Sanggar yang  terletak di Jl. Kampung Bojong, RT 01 RW 02, Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok ini melakukan kegiatan penyemproran selama satu minggu untuk sepuluh lingkungan RT. Tujuan dari penyemprotan cairan disinfektan untuk  membersihkan virus pada permukaan benda-benda dan bukan pada tubuh atau baju dan tidak akan melindungi dari virus jika berkontak erat dengan orang sakit. Virus berpindah melalui percikan batuk atau bersin orang sakit yang kemudian terhirup orang lain atau menempel di permukaan benda yang kemudian disentuh lalu masuk melalui mata, hidung atau mulut.

Cairan disinfektan dapat membersihkan virus yang menempel di permukaan benda seperti meja, gagang pintu atau saklar lampu yang kerap disentuh orang. Membersihkan permukaan benda-benda itu sangat penting bila melakukan isolasi diri di rumah dan untuk menggunakan cairan disinfektan, pastikan sesuai prosedur yang berlaku.

Source: sanggar sarang semut


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, penyemprotan disinfektan ke seluruh tubuh seseorang tidak bisa membunuh virus yang terlanjur masuk ke dalam tubuh. Mengutip Guidance Notes on Safe Use of Chemical Disinfectants Departemen Tenaga Kerja Hong Kong, cairan disinfekan yang mengandung bahan kimia berupa alkohol memiliki risiko jika disemprotkan ke tubuh.

Alkohol merupakan bahan kimia yang mudah terbakar jika ada di dekat api, terutama ketika diterapkan dengan cara disemprotkan. Selain itu, jika mengenai kulit, cairan ini bisa mengiritasi kulit yang terluka. Lalu, jika terhirup maka dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan memengaruhi saraf sistem pusat. Sementara zat klorin merupakan zat beracun. Jika seseorang terpapar klorin dengan konsentrasi tinggi, bisa berakibat fatal.


Posting Komentar untuk "Penyemprotan Disinfektan Untuk Pencegahan Penyebaran Virus"