Penggunaan Dan Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Depok, 6 Juli 2021 - Hobi memelihara ikan cupang jadi berkah tersendiri. Masyarakat yang hobi ikan hias termasuk ikan cupang kini memburu daun ketapang untuk menjaga kualitas atau kadar hidrogen air.

Hal tersebut menjadi peluang usaha bagi seorang pria di Pasar Agung, Jl. Proklamasi, Kec. Sukmajaya, Kota Depok. Warga Pasr bernama Wira ini mencari daun ketapang untuk merawat ikan-ikannya.

Daun ketapang berasal dari pohon Terminalia Catappa atau lebih dikenal sebagai Almond India. Pohon Terminalia Catappa merupakan pohon yang tumbuh subur pada wilayah tropis seperti Asia, Australia, dan Afrika.


Pohon Ketapang mudah hidup dan mampu beradaptasi dengan lingkungan apa pun. Di Indonesia, pohon ketapang lazim ditemukan di tepi pantai. Daun ketapang berciri khas lebar serta bertajuk. Daun pohon ketapang sangat mudah gugur, dan biasanya gugur dalam jumlah sangat banyak.

“Manfaat dari daun Ketapang itu, sebagai pentralisir air, jika air terlalu asam bisa menggunakan daun Ketapang, menimbulkan warna pada ikan cupang dan juga sebagai penambah nafsu makan pada ikan” ujar Wira pemilik motonaki fish & lunatic aquatic di workshop timnya di pasar agung lantai 2 , depok 2 timur (Selasa, 06/7/2021)

Daun ketapang yang telah mengering saat dimasukkan ke dalam air secara perlahan akan membusuk. Membusuknya daun menyebabkan warna air berubah menjadi kecokelatan. Perubahan ini terjadi karena daun ketapang melepaskan zat asam bernama tanin.

Walaupun secara penampilan kurang enak dilihat Anda tidak perlu khawatir. Sebab perubahan warna air tidak berbahaya malahan sangat bermanfaat bagi ikan cupang. Perubahan warna air berkhasiat mengurangi stres pada ikan. Ikan cupang akan merasa berada di dalam habitatnya.

Lalu bagaimana pembuatan ekstrak daun Ketapang untuk ikan cupang? “Mecari daun Ketapang yang tua, lalu kita bersihkan dengan air garam ikan, lalu di jemur di bawah sinar matahari, lalu kita angkat dan di diamkan selama dua sampai tiga malam, hingga airnya menjadi hitam pekat” ujarnya.

Jumlah daun ketapang yang digunakan sebenarnya tergantung seberapa besar ukuran akuarium Anda dan berapa liter air yang Anda gunakan mengisi akuarium.

“Siapkan daun Ketapang berukuran kira-kira 15-25 cm sebanyak dua lembar daun. Kemudian bersihkan daun dengan air mengalir sebelum memasukkannya ke dalam akuarium. Dua daun ketapang tersebut cukup untuk akuarium dengan kebutuhan air 15-50 liter. Jika dirasa air akuarium akan terlalu keruh, Anda cukup menggunakannya satu lembar saja” Pungkasnya.

 

 

(DR/ID)

Posting Komentar untuk "Penggunaan Dan Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang"