Mengenal Lebih Dalam Masjid Berkubah Emas di Depok

Kota Depok menyimpan ikon wisata religi kelas dunia. Masjid Kubah Emas diklaim sebagai masjid paling megah di kawasan ASEAN. Selain menjadi tempat ibadah, masjid berdaya tamping 10 ribu jamaah ini juga menjadi objek wisata religi. Tidak heran bila masjid yang dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas ini banyak dikunjungi oleh masyarakat dari luar daerah.

Image Credit : https://www.instagram.com/ @Alivikry

Kubahnya memang berlapis emas. Tak hanya emas, masjid ini menyimpan kemewahan di berbagai penjuru. Hampir seluruh bangunan berlapis marmer dan granit, termasuk ubin halamannya. Daya tarik itu membuat masjid yang dibangun tahun 1999 ini kerap dianggap sebagai destinasi “wisata”. Pengurus Masjid Dian Al-Mahri adalah Karno, mengatakan Masjid Dian Al-Mahri dibangun pada April 1999 dan pertama kali diresmikan pada 31 Desember 2006.

Pendirinya, keluarga pengusaha asal Banten, Hj. Dian dan H. Maimun, pada 1999. Nama Mahri yang disematkan pada masjid ini, ialah nama salah satu anak Dian. Ungkap Karno.

Dian Al Mahri adalah seorang pengusaha asal Banten yang memiliki beberapa sektor bisnis, termasuk tambang minyak bumi di Brunei Darussalam.

“Masjid Dian Al-Mahri memiliki lima kubah yang seluruhnya dilapisi oleh emas 24 karat. Kubah masjid yang berjumlah lima ini melambangkan rukun Islam sedangkan enam menara melambangkan rukun Iman” kata Eko Sukarno atau akrab disapa Karno.

Logam emas memang menjadi daya tarik Masjid Dian Al Mahri. Tak hanya pada kubah, emas juga dijadikan ornamen untuk beberapa bagian masjid. Salah satunya di mimbar tempat imam memimpin salat terdapat relief hiasan yang terbuat dari emas 18 karat. Begitu pula dengan pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid.

Gaya bangunan masjid ini mengadopsi arsitektur masjid Timur Tengah, seperti Masjid Nabawi dan Masjidil Aqso. Hal itu tercermin dari kubah, menara, plaza masjid dengan hiasan dekoratif yang menggunakan elemen geometris dan obelisk.

Karno pun mengakui bahwa keberadaan masjid Kubah Emas sangat bermanfaat bagi perekonomian warga sekitar, terlebih sebelum pandemi Covid -19.


Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Dalam Masjid Berkubah Emas di Depok"