Jenuh saat WFH? Lakukan hal ini!



Adanya pandemi COVID-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk kerja, belajar dan ibadah dari rumah, berbagai perusaha, sekolah, dan kampus merespon imbauan tersebut dengan menerapkan Work From Home (WFH). WFH menjadi salah satu upaya bersama untuk menekan penyebaran COVID-19. Gerakan dukungan WFH juga digaungkan melalui tagar #dirumahaja di berbagai media sosial. Sejak saat itu keadaan sangat berubah, kebiasaan di luar rumah yang selalu dilakukan sudah dibatasi. Dua minggu berjalannya kebijakan itu membuat masyarakat merasa jenuh ketika #dirumahaja. Untuk mengatasi kejenuhan saat WFH, berikut beberapa kegiatan yang harus kalian coba:

1.     Olahraga

Meski WFH, perlu berolahraga agar stamina tetap terjaga. Menurut National Health Service (NHS) England atau layanan kesehatan nasional Inggris, olahraga ringan yang dilakukan rutin selama 15 menit setiap hari terbukti dapat membuat tubuhmu tetap bugar. Bisa mencoba dengan berjalan kaki, jogging, bersepeda di sekitar rumah, dan senam ringan. Anggap saja olahraga yang kamu lakukan mengantikan aktivitas fisik yang biasanya dilakukan sehari-hari.

2.     Membereskan Rumah

Kegiatan bersih-bersih dan merapikan rumah, bisa menjadi selingan selama WFH. Tapi, membereskan seluruh bagian rumah pastinya akan memakan waktu. Bisa memulai dari ruang kerja atau benda-benda yang sering dipegang seperti, laptop, handphone, remote tv, dll. Kamu juga bisa menyusun jadwal harian untuk membersihkan rumah berdasarkan ruangan yang paling sering dipakai. Selain menghilangkan kebosanan, aktivitas ini membuat tempat tinggalmu jadi lebih rapi dan nyaman.

3.     Eksperimen Memasak

Bereksperimen memasak? Siapa takut. Ga perlu masak yang ribet-ribet, cukup memanfaatkan bahan makanan dan bumbu dapur yang ada di rumah. Hmmm, kalau masih bingung kamu juga bisa membuat cemilan favoritmu atau minuman.

4.     Mendengarkan Musik

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan pada Journal of Positive Psychology, musik dapat merubah mood seseorang. Orang yang mendengarkan musik ceria dapat membuat suasana hati mereka lebih baik. Buat playlist lagu-lagu terbaik agar tetap bersemangat meski WFH. Buat kamu yang tidak bisa fokus bekerja sambil mendengarkan musik, kamu dapat mendengarkan musik diluar jam kerja ya.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kalian coba ya! Semoga cara ini bisa membuat kamu betah untuk #dirumahaja.

Posting Komentar untuk "Jenuh saat WFH? Lakukan hal ini!"