Cara Sederhana Mengobati Beberapa Penyakit Menggunakan Jahe

 

Credit Image: alodokter.com

Jahe adalah jenis tanaman obat yang mudah kita temui sehari-hari. jahe memiliki kandungan vitamin A, B, C, lemak, protein, pati, dammar, asam organik, oleoresin (gingerin), hingga minyak terbang (zingeron, zingerol, zingeberol, zingiberin, borneol, sineol, dan feladren).

Selain diolah menjadi jamu atau minuman, jahe juga kerap dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti obat masuk angin dan sakit perut. Jahe terbukti ampuh mengatasi masuk angin dan sakit perut karena memiliki efek farmakologis yang berkhasiat sebagai obat dan memperkuat khasiat obat yang dicampurkannya.

Manfaat jahe juga dapat dirasakan dengan mengolahnya sebagai bahan pembuat kue, seperti menjadi bubuk, minuman, hingga permen. Berikut beberapa cara mengolah jahe menjadi minuman yang dapat dicoba.

1. Obat masuk angin

Untuk membuat minuman jahe yang dapat mengobati masuk angin, kita dapat mempersiapkan bahan-bahan seperti rimpang jahe seukuran jari, rimpang bengle setengah jari, rimpang lempuyang setengah jari, dan rimpang kencur satu jari.

Cara membuatnya dengan membersihkan rimpang yang sudah dipotong, kemudian merebusnya dengan lima gelas air hingga mendidih. Kemudian tiriskan. Setelah air rebusan dingin, kita bisa membaginya ke dalam tiga gelas untuk diminum tiga kali sehari.

2. Obat batuk

Untuk membuat jahe menjadi obat batuk, kita bisa merebus tiga ibu jari rimpang jahe bersama dua gelas air. Pastikan mengupas rimpang jahe dan mencucinya hingga bersih. Rebus rimpang jahe bersama dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum ramuan tersebut dua kali sehari, pagi dan sore, masing-masing satu gelas.

3. Obat sakit perut

Siapkan rimpang jahe sebesar jari dan madu. Setelah mencuci bersih rimpang jahe, kita bisa memarutnya lalu mencampurkannya bersama setengah sendok makan air dan santu sendok makan madu. Kemudian, peras campuran bahan tersebut dan menyaringnya sehingga airnya dapat diminum.

4. Mengatasi mual

Rimpang jahe yang telah dicuci bersih dapat diiris tipis, kemudian seduh dengan air panas dan campur dengan madu. Setelah hangat, minum ramuan tersebut dua kali sehari untuk mengatasi rasa mual.

Ramuan jahe juga dapat menjadi pertolongan darurat bagi penderita difteri. Caranya adalah dengan mencuci bersih rimpang jahe terlebih dahulu, kemudian memarutnya, tambahkan air jeruk nipis dan madu murni ke parutan jahe tersebut. Kemudian, remas-remas campuran bahan-bahan tersebut, peras, dan saring. Gunakan air ramuan untuk berkumur dengan frekuensi tiga kali sehari.

Posting Komentar untuk "Cara Sederhana Mengobati Beberapa Penyakit Menggunakan Jahe"