5 Cara Mudah Ajak Orang Terdekat Agar Divaksin Covid-19

 

Credit Image: korankaltara.com

INFODEPOK.NET - Ketika kamu divaksinasi, kamu tidak hanya melindungi dirimu sendiri, namun juga keluarga dan orang-orang di sekitarmu. Hal ini karena tidak semua orang dapat menerima vaksin Covid-19.

Saat ini, vaksin hanya diberikan kepada mereka yang sehat, tidak memiliki penyakit berat, berusia di atas 18 tahun, dan persyaratan lainnya. Dengan vaksinasi dan terus melanjutkan protokol kesehatan, perlindungan terhadap penyakit akibat virus Covid-19 bisa optimal.

Sayangnya, dengan banyaknya hoaks yang beredar di medis sosial, pesan berantai, ucapan orang lain yang tidak berdasarkan fakta, banyak orang yang ragu atau bahkan sampai menolak vaksinasi. Mungkin, orang-orang tersebut merupakan orang terdekatmu atau orang-orang di sekitarmu.

Nah, kamu bisa mencoba beberapa cara ini untuk mengajak orang-orang tersebut agar mau divaksinasi.

1. Dengarkan dulu apa yang menjadi kekhawatiran mereka

Keraguan atau penolakan terhadap vaksin terjadi karena adanya informasi yang membuat mereka takut. Layaknya reaksi takut terhadap objek-objek lain, seperti serangga, dipastikan orang tersebut akan berusaha menolaknya.

Dilansir Psychology Today, rasa takut bisa dilawan dengan cara memahami terlebih dahulu alasan di balik ketakutan tersebut. Jadi, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah berbicara dengan orang yang takut, ragu, atau menolak divaksinasi tersebut, dengarkan apa yang membuat mereka resah, dan perlahan informasikan bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan akan vaksin tersebut. Kamu bisa meyakinkan mereka bahwa penolakan mereka bisa berimbas buruk bagi orang-orang di sekitarnya.

2. Bekali dirimu dengan data dan pengetahuan tentang Covid-19 dan vaksin untuk melawan keraguan atau ketakutan mereka

Untuk meyakinkan mereka, bekali dirimu dengan pengetahuan berdasarkan bukti atau data ilmiah baik tentang Covid-19 maupun vaksinnya. Bisa juga memberi tahu bahwa banyak penyakit yang dulunya sangat berbahaya tetapi berkat adanya vaksin, penyakit tersebut bisa dengan mudah dicegah dan tak lagi ditakuti.

3. Ajak orang-orang di sekitarnya untuk menguatkan mereka untuk berani divaksinasi

Ada kalanya meyakinkan mereka secara individu tidaklah cukup. Kamu bisa meminta bantuan orang-orang terdekat mereka yang sekiranya mampu mengubah cara pikirnya.

Maka mau tidak mau kamu harus berusaha sebaik mungkin meyakinkan mereka jika ada pula orang-orang di sekitarnya yang mendapatkan vaksinasi dan hingga saat ini kondisi mereka baik-baik saja.

4. Tunjukkan kalau kamu sudah menerima vaksin dan baik-baik saja

Tak perlu jauh-jauh mencari orang yang sudah divaksinasi untuk meyakinkan mereka. Kamu sendiri pun mungkin bisa menjadi bukti nyata. Tunjukkan bukti kalau kamu sudah divaksinasi dan kondisimu baik-baik saja.

5. Bantu untuk mendapatkan vaksinasi

Bantu mereka untuk mendapatkan akses pada vaksinasi. Anda dapat mendaftarkan mereka ke lokasi terdekat mendapatkan vaksin.

Temani mereka saat akan divaksin dan buat suasana menyenangkan agar vaksinasi berjalan dengan lancar.

 

DR/ID

Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah Ajak Orang Terdekat Agar Divaksin Covid-19"