Earth Hour 2021 Ajak Masyarakat Matikan Listrik 1 Jam Pada Sabtu, 27 Maret 2021


Menjelang peringatan Earth Hour (EH) yang jatuh setiap Maret minggu ke-3 tepatnya pada hari Sabtu, 27 Maret 2021, pihak panitia telah menyiapkan sejumlah rangkaian kegiatan. Salah satunya adalah pembagian tanaman ke toko-toko yang berada di sepanjang Jalan Margonda Raya.

“Kami akan membagikan tanaman ke toko sekitaran Margonda. Kegiatan kemungkinan dilaksanakan minggu depan,” ujar Koordinator EH Kota Depok, Alvita Rahma Diella, Kamis (18/03/21).

Vita menyebut, pihaknya juga sudah melakukan kegiatan berkebun di lahan kosong milik salah satu warga, sejak Januari lalu. Kegiatan ini didokumentasikan dan akan ditayangkan saat peringatan EH secara virtual pada 27 Maret pukul 19.00 - 21.30 WIB, sekaligus penayangan selebrasi switch off selama beberapa tahun terakhir.

“Kami menanam tanaman produktif, seperti kangkung, bayam brazil, daun mint, bunga telang, timun, jahe, mint, bawang merah, sereh, sorgum dan lain-lain. Bibitnya berasal dari kami sendiri, sedangkan pot sebagian didukung dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK),” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, penghematan energi bisa dilakukan melalui hal-hal kecil. Seperti mematikan lampu atau listrik yang tidak terpakai.

“Kami ingin mengingatkan kembali bahwa aksi penghematan energi dapat dilakukan dengan mudah, yaitu mematikan lampu yang tidak terpakai. Berkebun juga menjadi salah satu wadah pelepas ketergantungan terhadap gawai. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar,” tutupnya.

Kampanye Earth Hour sebetulnya tidak hanya mengajak semua orang untuk mematikan listrik selama satu jam saja, tetapi juga mengajak masyarakat untuk dapat berkontribusi dan merefleksikan diri, serta paham apa yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan.

Di antaranya adalah belanja tidak memakai plastik, mengurangi emisi gas rumah kaca berupa karbon dioksida, menanam dan merawat pohon di lingkungan sekitar, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, membuat produk ramah lingkungan dan juga pembangunan yang disesuaikan dengan tata ruang hijau.

Earth Hour merupakan gerakan yang dibuat oleh WWF yang bertujuan mengajak masyarakat dunia untuk beraksi dalam mengatasi isu lingkungan dan menjaga planet Bumi.

Gerakan ini dilakukan sebagai simbol akan tanggung jawab penduduk Bumi terhadap alam dan pada planet tempat tinggal kita.

Gerakan Earth Hour ini pertama kali diadakan tahun 2007 di Sydney, Australia, teman-teman.

Setiap tahunnya, Earth Hour diadakan di penghujung bulan Maret. Tahun ini, WWF mengajak kita bersama-sama mengikuti gerakan Earth Hour pada Sabtu, 27 Maret 2021 pukul 20.30 - 21.30 WIB.

Posting Komentar untuk "Earth Hour 2021 Ajak Masyarakat Matikan Listrik 1 Jam Pada Sabtu, 27 Maret 2021"