Inilah Pendapat Warga Depok Terkait Rencana Jabar Ganti Nama Jadi Provinsi Sunda





Dikutip dari cnbcindonesia.com, "Provinsi Jawa Barat direncanakan berganti nama menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda. Bermula dari sebuah diskusi soal perubahan nama Jabar menjadi Sunda".

Wacana ini muncul dalam diskusi "Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda" di Perpustakaan Ajip Rosidi, Kota Bandung, Jawa Barat, pada awal pekan ini.

Ragam pendapat warga Depok menyampaikan pendapat di kolom komentar Facebook Fanpage INFO DEPOK terkait rencana Provinsi Jawa Barat yang ingin berganti nama jadi Provinsi Sunda :

1. "Anggota DpD perwakilan jabar.kaga ada kerjaan laen kah...??urusin aja rakyatnya. apalagi soal kesejahteraan. enggak usah sibuk ngurusin ganti nama.. Menurut saya...udah bagus jabar di kenall bnyak orang...

2. Ntar abis ganti nama profinsi....ganti juga...nama gubernur... Bukan lagi gubernur....tapi kerajaan sunda empire. - Bobo Bebi.

3. Depok & sebagian Bekasi kan wilayah betawi. Nah, sebelum ubah nama provinsi jadi provinsi sunda, mending pindahin Depok & Bekasi masuk ke wilayah Jakarta hehe. - Yunian Edwin Rismawan.

4. DEPOK gabung sm JAKARTA ajjh๐Ÿ‘biar dpt KJP juga๐Ÿคญ. - Ana Syalfitriana.

5. "Depok gabung aja ke DKI Jakarta, karena dari kebudayaan cenderung ke budaya betawi begitu juga bahasanya". - Imandee.

6. jangan sunda"an.. Tar ditanya bisa bahasa sunda nggak. Malah buat ledekan.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚". - Gery Neville Jr.

7. Cirebon Indramayu bukan Sunda..
Depok Bekasi lebih ke Betawi..
Sy sendiri asli Sunda, krn lahir dan besar di Bandung dari orang tua yg jg keturunan Bandung, tp tidak setuju lah kalo memaksakan Sunda jd nama pengganti dari Jawa Barat.. - Irzanny Arrasyid

8. Saya warga asli Depok tidak setuju.
Karena Depok mayoritas warga nya itu Betawi, termasuk saya. - Zidan Akhda.

9. Kultur depok rasanya lbh deket ke betawi.. mnding ikut ke DKI. - Mbul Mbill

10. kakak ipar laki bini orng betawi,.lakinya orng betawi kwitang bininya orng betawi tebet,...sekarang tinggal di depok krukut, anaknya sekolah SD di depok ad pelajaran bahasa sunda emak bapaknya jengooo klu suruh ngajarin ngarti juga kagaaa....๐Ÿ˜‚ - Rosiah Purwaningsih.

Dari kesimpulan pendapat warga Depok di fanpage Info Depok banyak menyatakan ketidaksetujuan terkait wacana perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda.

1 Response to "Inilah Pendapat Warga Depok Terkait Rencana Jabar Ganti Nama Jadi Provinsi Sunda"

  1. Saya tidak setuju kalau Prov Jabar menjadi Prov Sunda karena mayoritas warga Depok tidak berbahasa Sunda. Bahasa Sunda hanya dipercakapkan di kanrtor Pemkot Depok karena sebagian besar karyawannya adalah limpahan dari kantor Pemkab Bogor ketika peralihan menjadi Kota Administratif dan awal menjadi Pemkot Depok. Mayoritas warga Depok tidak berbahasa Sunda apalagi sekarang Depok sudah menjadi miniatur Indonesia karena berbagai suku dari Sabang sampai Merauke dan dari Sangir Talaud sampai Pulau Rote berkumpul di Depok, bahkan orang asing pun ada di Depok. Saya lebih setuju jika Depok bergabung dng DKI Jakarta karena ada kesamaan latar belakang Budaya Betawinya seperti Lenongnya Bang Zaenih, Mandra, Topeng Cisalak, Lenong Gong Si bolong, ada universitas perjuangan Universitas Indonesia yg asal muasalnya dari Salemba Jakarta dan beberapa perguruan tinggi swasta yg berasal dari Jakarta dan berkembang di Depok seperti Gunadarma, UPN Veteran dan bahkan akan hadir Universitas Islam Internasional Indonesia di Depok.

    BalasHapus