SMA Cakra Buana Depok Jamu Singapura-Malaysia untuk Program Global Contributor

PANCORAN MAS, INFODEPOK.NET
SMA Cakra Buana Depok merupakan sekolah yang berkomitmen untuk menjadi kontributor global melalui kegiatan SIM (Singapura Indonesia Malaysia) Meranti Project, yang mengusung tema leadership. Kali ini, Indonesia dengan bangga menjadi tuan rumah, menyambut tamu yang merupakan kontingen/perwakilan dari Singapura dan Malaysia.
 
Sebagai rangkaian acara dari program SIM Meranti di Cakra Buana, seluruh kontingen juga hadir pada acara di Balai Kota Depok yang dihadiri oleh Wakil Walikota Depok, Bapak Ir. H Imam Budi Hartono, M.Si beserta jajarannya. (Kamis, 23 November 2023)

SIM Meranti Project merupakan program inisiatif, di mana tiga tim berbakat dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura bekerja bersama dalam menyikapi berbagai isu internasional melalui proyek-proyek inovatif. Setiap tim ditantang untuk mengembangkan solusi yang dapat menjadi contoh kepemimpinan bagi tantangan-tantangan global.

“Melalui proyek ini, SMA Cakra Buana berharap dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan dalam mendukung pembangunan masyarakat global yang berkelanjutan.” Ujar Jimmy Silalahi, Direktur Utama Yayasan Cakra Buana. 

Dalam suasana kolaboratif yang sangat inspiratif, para siswa dari ketiga negara ini membentuk tim masing-masing untuk mengatasi berbagai isu yang diangkat, contohnya: Local Wisdom, membangun rasa ingin tahu dan kemampuan belajar melalui eksplorasi budaya dan kearifan lokal dari masyarakat sekitar atau suatu daerah dan perkembangannya.

Isu selanjutnya yaitu Unity in Diversity, yang memahami dan menghargai budaya dan tempat ibadah tanpa kekerasan, memajukan dialog yang penuh hormat mengenai keragaman dan nilai-nilai keagamaan.

Sustainable Living; menjadi isu yang memahami dampak aktivitas manusia bagi kelangsungan hidup dunia, meningkatkan kesadaran untuk bertindak dan berperilaku secara berkelanjutan, menerapkan potensi lokal untuk mengatasi krisis berkelanjutan, serta mengembangkan keterampilan dan tindakan yang diperlukan.

Akhir dari perjalanan program ini adalah exhibition/pameran besar yang menampilkan hasil karya dari masing-masing tim. Pameran ini akan menjadi kesempatan bagi siswa untuk berbagi pandangan mereka, solusi inovatif, dan membangun jejaring dengan sesama pemimpin muda dari setiap tim. 

Proyek ini bukan hanya tentang menghasilkan ide-ide brilian, tetapi juga tentang menciptakan pemimpin masa depan yang mampu berkolaborasi lintas batas negara dan memimpin perubahan positif dalam skala global. 

Melalui SIM Meranti Project, SMA Cakra Buana memperkuat komitmennya untuk mempersiapkan generasi yang berfikir kritis, kreatif, dan bertanggung jawab.

“SIM Meranti merupakan program yang berkelanjutan dan berlangsung sepanjang tahun. Sesuai dengan jadwal, tahun depan, kami yang akan ke Singapura dan mengadakan pameran di sana bertemu dengan tim Malaysia dan Singapura.” Tutup Jimmy.

SMA Cakra Buana telah sukses menjadi tuan rumah bagi SIM Meranti bagian ke-dua *_(baca di sini untuk SIM Meranti pertama)_*. Untuk selanjutnya, kontingen SMA Cakra Buana siap untuk bertolak ke Singapura tahun depan.

DV/ID

Posting Komentar untuk "SMA Cakra Buana Depok Jamu Singapura-Malaysia untuk Program Global Contributor"