FIK UI Berdayakan Kader Kesehatan Desa Bojongnangka Deteksi Penyakit Tidak Menular


JABODETABEK, INFODEPOK.NET
Desa Bojongnangka, Kabupaten Bogor - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas kader kesehatan dalam layanan kesehatan screening Penyakit Tidak Menular (PTM). Kegiatan ini dilakasanakan selama dua hari tanggal 27-28 Oktober 2023 di Desa Bojongnangka, Kab, Bogor dengan melibatkan 7 orang kader kesehatan perwakilan dari berbagai posyandu.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk melatih kader kesehatan agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan screening PTM kepada masyarakat di wilayahnya.

Kegiatan dimulai dengan sambutan yang hangat dari Ketua Pengabdi FIK UI, Dr. Etty Rekawati, S.Kp., M.K.M. Dalam sambutannya, Dr. Etty menekankan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan di tingkat komunitas.

Beliau mengungkapkan bahwa melalui pelatihan ini, FIK UI berkomitmen untuk terus memberdayakan kader kesehatan sehingga mereka mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya dalam mendeteksi dini PTM.
Dr. Etty menjelaskan peran penting kader kesehatan dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu. Beliau menyampaikan “Mereka adalah garda terdepan yang memiliki akses langsung ke warga desa dan dapat berperan dalam mendeteksi dan mengatasi masalah kesehatan secara lebih proaktif”.

Melalui pelatihan ini, tim pengabdi FIK UI berusaha memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan oleh kader kesehatan untuk mengidentifikasi faktor risiko PTM, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat dan kolesterol, sekaligus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mencegah penyakit tersebut. Dengan berfokus pada upaya pencegahan, diharapkan kader kesehatan dapat berperan aktif dalam memperbaiki status kesehatan komunitas yang mereka layani.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Romlah, perwakilan ketua kader kesehatan, yang dengan penuh semangat menyambut kegiatan ini. Ibu Romlah menyampaikan apresiasi atas upaya FIK UI dalam memberikan pelatihan yang sangat berguna bagi kader kesehatan dalam melayani masyarakat. Beliau berharap bahwa pelatihan ini akan membantu kader kesehatan dalam melakukan tugas mereka dengan lebih efektif dan profesional.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pelatihan yang mencakup pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol. Ns. Rizky Rachmatullah, M.Kep., seorang alumni prodi spesialis keperawatan komunitas FIK UI, memberikan penjelasan yang rinci tentang pentingnya pemeriksaan tekanan darah dan PTM lainnya.

Beliau menyoroti betapa pentingnya deteksi dini dalam mencegah penyakit tidak menular yang prevalensinya semakin meningkat.

Selanjutnya, Ns. Syamikar Baridwan Syamsir, M.Kep., Sp.Kep.K., juga seorang alumni FIK UI, memberikan pemahaman kepada kader kesehatan tentang penggunaan alat tensi darah digital dan alat tes gula darah, asam urat, dan kolesterol. Pengetahuan ini penting agar hasil pengukuran dapat akurat dan dapat memberikan informasi yang berharga kepada masyarakat.

Kemudian, para kader kesehatan melakukan praktik langsung untuk memastikan mereka mampu melakukan pengukuran tekanan darah menggunakan alat tensi digital dan pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol dengan benar. Kegiatan ini difasilitatori oleh Ns. Safaruddin, M.Kep., Sp.Kep.K., dan Ns. Randy Talilah, S.Kep.
Para kader kesehatan menunjukkan antusiasme dan semangat yang luar biasa dalam mengikuti pelatihan ini. Mereka yakin bahwa pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh akan membantu mereka dalam memberikan layanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

Para kader kesehatan dan ketua RW di Desa Bojongnangka berharap agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dan sinergitas antara perguruan tinggi dan masyarakat dapat terus terjalin. Mereka melihat kolaborasi ini sebagai langkah positif dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan komunitas.

DV/ID

Posting Komentar untuk "FIK UI Berdayakan Kader Kesehatan Desa Bojongnangka Deteksi Penyakit Tidak Menular"