Makin Melimpah, Komunitas Jemblung Kembali Lepas 3 Ribu Benih Ikan

INFODEPOK.NET
Berlangsung di Di Danau Situ Baru (Danau BUPERTA) Pelepasan 3.000 ekor benih ikan tawes , nila dan emas di Setu rawa Jemblung berlangsung pagi hari tadi (3/9/22). 

Pelepasan benih yang kesekian kali ini masih diprakarsai oleh Komunitas Jemblung, yang tetap konsisten menjaga kelestarian ekosistem dan kebersihan area rawa Jemblung hingga detik ini. 

Agenda rutin ini pun tak lepas dari peran serta pemerintah baik dari Dinas ketahanan pangan , perikanan & pertanian ( DKP3 ) kota Depok dan juga bapak Ade supriatna selaku anggota dewan (DPRD Depok) yang telah mensupport sejak awal kegiatan. 

Selain itu juga tentu dari pihak Buperta yang selalu bersama sama saling bersinergi dengan Komunitas Rawa Jemblung untuk menjaga danau situ baru agar tetap asri , nyaman dan bersih.

Ketua Komunitas Jemblung, Faisal, berharap kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan ditengah masyarakat khususnya situ sebagai sumber daya air bisa meningkat. 

"Harapan saya agar kedepan nya kesadaran akan lingkungan yang bersih, menjadi dasar kepekaan kita .. jangan sampai ketika semuanya hilang kita baru menyesal, " Tegas Faisal. 
Photo : Faisal (Kiri) 
Dia menambahkan bahwa Agenda ini pun akan berlanjut ke penanaman bibit pohon produktif yg akan di laksanakan pada pertengahan Oktober 2022.

"Saya Apresiasi kepada komunitas Jemblung yang sudah tebar benih ikan, juga Terima kasih kepada dinas ketahanan pangan dan perikanan yang telah memberikan benih ikan, " kata Ade Supriatna. 
Dalam hal ini anggota DPRD kota Depok tersebut berperan menyampaikan aspirasi Komunitas Jemblung kepada Kepala Dinas terkait yang kemudian langsung direspon dengan memberikan benih ikan yang dibutuhkan. 

Ade juga berpesan kepada para pelaku usaha di sekitar danau situ baru tersebut dapat memberikan perhatiannya terhadap kelestarian dan kebersihan situ serta bisa bersinergi dengan Komunitas Jemblung.

Menurutnya benih ikan yang ditebar juga bisa bermanfaat untuk menghidupi warga sekitar serta dapat menjaga sirkulasi ekosistem kelestarian air. 

Situ yang berada di perbatasan Kota Depok Dan Jakarta Timur ini memang dikenal memiliki beberapa sebutan yang familiar di mata masyarakat seperti : 

1.Rawa Jemblung
Biasanya lebih identik di tengah masyarakat sekitar, khususnya Pondok Ranggon dan Harjamukti.
2.Situ/Setu Baru
Nama resmi yang diberikan untuk danau tersebut. 
3.Danau BUPERTA
Karena lokasinya yang berada di lingkungan BUPERTA. 
Dengan adanya sinergi antara BUPERTA dan Komunitas Jemblung saat ini perawatan kebersihan dan keasrian di lokasi danau tersebut semakin terjaga.

DV/ID

Posting Komentar untuk "Makin Melimpah, Komunitas Jemblung Kembali Lepas 3 Ribu Benih Ikan"