Cara Membuat Vidio Kreatif Mengunakan Android



Membuat rekaman video dan menyiarkannya langsung ke penonton sebelumnya tidak pernah semudah sekarang. Siapa pun yang memiliki kamera digital atau ponsel pintar (smartphone) dengan gampangnya mampu menghasilkan video. Sederhananya, kamu tinggal mengambil smartphone langsung dari kantong celana atau tas, klik tombol rekam, dan kamu langsung mendapatkan rekaman video yang dapat kamu sunting dan sebarkan semudah menjentikkan jari.

Meski perkara menghasilkan video itu sudah dimudahkan dengan perangkat yang semakin modern, belum tentu presentasinya sesuai dengan keinginan pasar. Butuh faktor penunjang lainnya agar rekaman video kamu tampak profesional, kreatif, dan juga unik. Mengenal betul kebutuhan akan video rekaman yang profesional, Crafters telah merangkum panduan praktis membuat video kreatif nan unik menggunakan smartphone.

1. Maksimalkan Penggunaan Bangunan atau Benda untuk reveal shot

Reveal shot serupa dengan cinematic panning motion atau gerakan kamera yang bertujuan menangkap pandangan yang lebih luas, tapi lebih memanfaatkan penggunaan benda yang ada di sekitarmu. Entah kamu tengah merekam satu objek hidup atau merekam keramaian tempat umum, reveal shot akan membantumu menampilkan atmosfer atau mood video lebih sempurna. Kamu tinggal menentukan benda atau bagian bangunan mana saja, kemudian tekan tombol rekam sembari menggerakkan kamera smartphone kamu untuk merekam objek atau suasana yang kamu inginkan.

2. Rekamlah Transisi secara In-camera

Keuntungan paling besar yang bisa kamu dapatkan dari merekam transisi secara in-camera atau langsung adalah kamu tak perlu menambahkan efek transisi lainnya dalam proses penyuntingan video. Dengan kata lain, lewat merekam transisi secara in-camera, kamu telah menghemat banyak waktu produksi. Beberapa gerakan transisi yang dapat kamu lakukan adalah gerakan panning ke atas, gerakan panning ke bawah, gerakan panning ke kanan serta ke kiri. Saat kamu menggabungkan, misalnya saja, gerakan panning atas dari kedua potong rekaman berbeda, pada proses penyuntingan kamu bisa menghasilkan transisi yang lebih halus.

3. Selalu Mode Merekam Landscape

Untuk alasan-alasan tertentu, perusahaan pembuat smartphone memperbolehkan barang buatan mereka untuk merekam secara vertikal. Meski tampaknya merekam dalam mode vertikal itu praktis, tapi hasil video yang kamu hasilkan tidak akan tampak bagus di di perangkat elektronik lainnya, terutama yang display-nya landscape. Monitor komputer, televisi, dan website memiliki display berbasis landscape seperti layar bioskop.

Walaupun tersedia pula apps yang dapat mengakali rekaman video dalam mode vertikal menjadi horizontal, akan jauh lebih memudahkanmu untuk mulai merekam dalam mode landscape.

Penting untuk diingat, dalam merekam video, tak perlu khawatir kamu tidak merekam semua pemandangan atau suasana sepenuhnya. Jadi, bukan masalah kalau kamu merekam objek selama tiga sampai empat detik atau lebih. Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

4. Makin Unik dengan Mode Timelapse

Mode timelapse sangat berguna bagi kamu yang ingin merekam berbagai pergerakan objekmu seperti pergerakan matahari, lalu lintas jalanan, atau orang yang berlalu lalang. Untuk mendapatkan rekaman timelapse, pastikan kamera kamu stabil ya. Sedikit tips untuk kamu yang ingin memanfaatkan mode timelapse dan tidak memiliki dudukan atau stick holder; tempelkan kamera smartphone kamu di tas, meja, atau benda-benda lainnya dengan aman.

5. Berkreasi dengan Resolusi dan Frame Rate Per Second (fps)

Selain mengakali dengan pergerakan kamera, untuk membuat rekaman video lebih menarik juga dapat dilakukan lewat resolusi dan fps. Selalu cek apa saja pilihan resolusi yang dapat dihasilkan oleh smartphone kamu dan perhatikan fps-nya. Rekamlah beberapa video objek yang sama dengan fps berbeda agar kamu mendapatkan banyak materi rekaman untuk proses penyuntingan dan hasil yang menarik.

Panduan ini berlaku untuk semua jenis smartphone. Jadi, apa pun smartphone kamu, membuat video kreatif pasti mudah asal kamu mengaplikasikannya sesuai dengan penjabaran di atas. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Vidio Kreatif Mengunakan Android "