Apa itu exchange dan blokchain didalam dunia cryptocurrency

Apa itu Crypto exchange ?

Crypto exchange adalah suatu tempat atau platform yang menyediakan transaksi jual beli/ pertukaran  aset.

sebagian besar uang crypto  menggunakan jaringan terdesentralisasi yang biasa disebut teknologi blokchain.


Apa itu blokchain teknologi ? 

Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank data secara digital yang terhubung dengan kriptografi. Penggunaannya tidak terlepas dari Bitcoin dan Cryptocurrency lainnya.

Block yang memiliki arti kelompok dan chain yang artinya rantai. Pengertian dari penamaan teknologi ini mencerminkan bagaimana cara kerja blockchain. Dimana, teknologi tersebut memanfaatkan resource komputer untuk menciptakan blok-blok yang terhubung (chain).

Blok-blok yang saling terhubung nantinya digunakan untuk mengeksekusi sebuah transaksi. Teknologi ini memang cukup menarik karena sifatnya yang tidak terpusat. Blockchain mampu berjalan sendiri menggunakan algoritma komputer tanpa ada sistem tertentu yang mengaturnya.


Penggunaan Teknologi Blockchain

Pada sektor finansial, teknologi ini diibaratkan sebagai buku kas digital yang bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja dengan mudah tanpa harus mendapatkan persetujuan dari pihak atau lembaga keuangan pada umumnya, seperti bank.

Pada dasarnya, teknologi ini membuat seluruh transaksi di dalamnya menjadi lebih transparan dan aman. Sehingga dapat meminimalisir adanya tindak kejahatan.



Keunggulan teknologi blokchain pada aset cryptocurrency

1, Lebih mudah dan cepat
 
Proses transaksi jauh lebih cepat karena bisa diproses hanya beberapa detik saja

2. lebih aman

seluruh riwayat transaksi yang mengunakan teknologi blokcain dapat terekam oleh sistem sehingga keamanan transaksi bukan menjadi masalah. Dengan menggunakan kriptografi, histori transaksi tidak bisa diubah karena sudah terenkripsi

3. Sistem Transaksi yang Transparan

Teknologi ini mampu menyimpan data transaksi secara aman dan transparan. Ketika melakukan transaksi, ada public access yang dapat dilihat oleh semua orang tanpa harus memiliki akses login. Hal ini tentu berbeda jauh dengan sistem atau pola perbankan pada umumnya.

Posting Komentar untuk "Apa itu exchange dan blokchain didalam dunia cryptocurrency"