Aksi Nyata Mahasiswi FIK UI Dan YBM PLN Bantu Masyarakat Curug Cimanggis


 CIMANGGIS, INFODEPOK.NET
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) bekerja sama  dengan Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) dengan tema “Curug yang Sehat, Berkualitas, Produktif Pada Masyarakat Kurang Mampu di Masa Pandemi Covid-19”.

Kegiatan yang sudah dilakukan dalam praktik keperawatan yaitu Cegah dan Rawat Diabetes dengan Serat, Aktivitas dan Relaksasi (CERDAS SERASI) pada Lansia Tidak Mampu, APIK bermanifes di Pos Gizi Balita (orangtua, Petugas Kesehatan, care giver, Kader berSinergi dalam manajemen nutrisi, responsive feeding di Pos Gizi Balita) Pada Keluarga Kurang Mampu, Gerakan Perawatan Diri (Gepari) pada Dewasa Kurang Mampu dengan Diabetes Melitus, Program Jati Diri (Remaja Aktif dan Mandiri) melalui Peningkatan Keterampilan Hidup dan Manajemen Diri pada Remaja Kurang Mampu dengan Masalah Perilaku Seksual Berisiko, Program ASIK (lansiA Sehat, hipertensI terKendali) Pada Lansia Kurang Mampu dan Program MARI THERAPI (MAnajemen diRI diabeTes, Hipnosis 5 jari dan tERAPi musIk) Pada Masyarakat Miskin. 
Dr. Widyatuti, M.Kes, Sp.Kep.Kom sebagai Pembina menyebutkan bahwa kegiatan ini sudah dilakukan sejak November 2021 hingga akhir 2022.

 “Strategi yang digunakan dalam praktik keperawatan komunitas antara lain proses kelompok, pendidikan kesehatan, capacity building, dan pemberdayaan keluarga/masyarakat”, tambahnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan didukung oleh 14 dosen lainnya, 15 mahasiswa  Spesialis Keperawatan Komunitas seperti Ns. Silvia Elki Putri, M.Kep, Ns. Aspiah Mahmud, M.Kep, Ns. Tengku Widya Naralia, M.Kep, Ns. Yolinda Suciliyana, M.Kep, Ns. Ni Made Candra Citra, M.Kep, Ns. Iin Suryatmana, M.Kep, dan lainnya serta 120 mahasiswa Profesi Ners FIK UI. 
Kami berharap agar kegiatan yang dilakukan memberikan dampak pada masyarakat yang dibina sehingga memiliki peningkatan perilaku sehat masyarakat di Kelurahan Curug, Cimanggis. 

Spesialis Keperawatan Komunitas FIK UI yang sedang menjalankan praktik keperawatan komunitas di Kelurahan Curug, telah mengidentifikasi bahwa banyak kelompok masyarakat dengan kesulitan ekonomi dan mengalami penyakit tidak menular.

Kondisi tersebut menjadi pertimbangan Spesialis Keperawatan Komunitas untuk berdiskusi dengan YBM PLN.

Mahasiswa Spesialis Keperawatan Komunitas membantu menyalurkan bantuan dari dana YBM PLN melalui kegiatan kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan, pendidikan kesehatan, terapi, senam, diskusi kelompok, dan kunjungan rumah, serta adanya pemberian paket sembako kepada kelompok dhuafa, janda, dan lansia yang membutuhkan di Kelurahan Curug.
Dr. Widyatuti, M.Kes Sp.Kep.Kom juga menambahkan bahwa jumlah penerima manfaat yaitu 60 keluarga dan 185 orang masyarakat kurang mampu yang ikut dalam kegiatan di komunitas. 
bantuan dan berbagai kegiatan yang berguna untuk kehidupan mereka. Harapannya, kerjasama dalam pemberian bantuan dari YBM PLN dapat berlanjut pada praktik Spesialis Keperawatan Komunitas FIK UI berikutnya. 

DV/ID

Posting Komentar untuk "Aksi Nyata Mahasiswi FIK UI Dan YBM PLN Bantu Masyarakat Curug Cimanggis"