Bocah 7 Bulan Terinfeksi Bakteri, Ayah MGS Minta Dinkes Tidak Tutup Mata

INFODEPOK.NET - Berita yang ramai dibahas tentang Dinas Kesehatan Kota Depok dianggap tutup mata atas nasib MGS oleh orang tuanya semakin meluas, MGS merupakan seorang bocah berusia 7 bulan yang dirawat inap di Rumah Sakit (RS) Hermina Depok akibat, terinfeksi bakteri.

"Dinkes Depok tutup mata akan nasib anak saya," kata Ayah MGS, Markus.

Dia mengungkapkan, Dinkes Kota Depok tidak menyetujui berkas surat jaminan kesehatan yang telah diurusnya dengan alasan adanya keterlambatan.

"Memang saya akui, ada keterlambatan kepengurusan. Namun, tidak sepenuhnya itu kesalahan pribadi karena, keterlambatan justru ada di Kelurahan saya tinggal yakni Sukamaju," ungkap Markus.

Wartawan Suara Kota itu menyebutkan, operator atau staff di Kelurahan Sukamaju terlambat membuat salah satu surat yang akan digunakan untuk memenuhi persyaratan jaminan kesehatan dari Dinkes Kota Depok tersebut.

"Jadi salah satu persyaratan agar mendapatkan surat jaminan kesehatan itu ada Kelurahan yakni SKTT dan SKTM. Kamis, 2 Agustus 2021 Kelurahan Sukamaju tutup karena, imbas dari PPKM," paparnya.

"Nah, terus saya menghubungi Lurah Sukamaju untuk minta bantuan karena, ini kan urgen. Akhirnya, Lurah Sukamaju menginstruksikan ke bawahannya untuk membantu saya. Namun, Jumat pagi surat itu belum jadi sehingga, pada hari itu tidak dapat dilakukan penguploadan dari Pukesmas setempat," tambah Markus.

Lebih lanjut, Markus membeberkan, berkas tersebut baru bisa diupload pada Senin, 6 Agustus 2021. Sehingga, telah melewati peraturan yang berlaku di Dinkes Kota Depok yang berujung pada tidak disetujuinya surat jaminan pembiayaan kesehatan tersebut.

"Saya kecewa dengan Dinkes Depok, saya sudah komunikasi langsung dengan Kadinkes Depok. Namun, seperti tidak punya hati. kenapa harus ditolak pengajuan surat jaminan kesehatan saya. Toh kan kesalahan ada di instansi terkait kenapa tidak ada ultimatum," terangnya.

Lebih dalam, dia membeberkan, anaknya sudah diperbolehkan pulang dari RS Hermina Depok sejak Kamis, 2 Agustus 2021. Namun, karena belum adanya kepastian dari Dinkes Kota Depok anak yang berusia 7 bulan itu terpaksa tertahan.

"Kita tau sendiri bahaya Covid itu seperti apa, saya khawatir anak saya tertular penyakit lain. Apalagi kondisinya belum begitu pulih. Karena, baru selesai sakit kan," beber Markus.

Karena itu, Markus mengharapkan, Wali Kota Depok maupun Wakil nya agar dapat memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Dia juga menyinggung terkait status Kota Layak Anak yang dienyam Kota Depok.

"Ayo, Pak Wali Kota tunjukan langkah solutifnya. Kan Depok ini Kota Layak Anak harusnya dipikirkan juga nasib anak dalam hal kesehatan. Saya mohon kiranya bapak dapat membantu saya. Saya juga yakin bapak memiliki hatinya yang tidak seperti jajaran dibawahnya," tutupnya.

DV/ID

Posting Komentar untuk "Bocah 7 Bulan Terinfeksi Bakteri, Ayah MGS Minta Dinkes Tidak Tutup Mata"