Kampung Ciherang RW. 06 Jadi Contoh Kampung Siaga Tangguh Jaya se-Kota Depok

TAPOS, INFODEPOK.NET - (4/8) Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 BNPB wilayah Jawa Barat dan Pusat (Bapak Gova. K dan Ibu Diana) melakukan kunjungan ke Kampung Ciherang RW. 06 Kelurahan Sukatani Kecamatan Tapos Kota Depok.

Gambar: INFODEPOK/Ray


Dalam kunjungannya Tim Satgas BNPB meninjau bagaimana cara penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan disetiap daerah khususnya ditingkat RW sebagai pejabat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kampung Siaga Tangguh Jaya Kp. Ciherang RW. 06 menjadi salah satu contoh kampung yang siaga dalam menangani kasus Covid-19 dikota Depok, khususnya dilingkungan RW.

Kesiapsiagaan itu terbukti dengan dibentuknya Tim Satgas RW dan adanya beberapa fasilitas seperti Ambulan, APD, dan alat kesehatan lainnya seperti Baju Praktek Dokter, Alat Tes Rapid, Alat Tes Swab, Alat Oximeter, Handsanitezer, Desinfektan, dan Tabung Oxigen yang semuanya didapatkan dari hasil swadaya masyarakat dan donasi dari para donatur setempat.

Pemberian Oxygen ke warga RW. 06 yang terpapar Covid-19


Ketua RW sekaligus Ketua Satgas Bapak Samsudin S.E yang akrab disapa Bang Aloy menjelaskan, "Dalam menangani kasus Covid-19 perlu kesadaran dari tiap-tiap pengurus lingkungan yang kemudian mengedukasi dan membantu warganya yang terpapar maupun yang kesulitan ekonomi, kesadaran inilah yang akhirnya membentuk masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan dirinya sendiri."

"Kita tidak bisa serta merta membuat warga untuk tetap tenang tanpa adanya pendampingan dan edukasi dari pengurus lingkungan, sambil memberi bantuan kita harus bisa mengedukasi dan mengarahkan warga agar tetap bisa menjaga diri atau menyarankan untuk mengikuti program Vaksinasi." Ucap Bang Aloy

Melakukan Swab Tes Covid-19 kewarga RW. 06


Tim Satgas BNPB pun terkagum dengan cara penanganan kasus Covid-19 yang dilakukan oleh Tim Satgas RW. 06 yang menjadi relawan untuk lingkungannya sendiri. Selain giat melakukan penyemprotan dan himbauan kepada warganya, mereka pun bekerja layaknya seorang petugas medis. Bila ada warga yang merasa terpapar Covid-19 dengan cepat Tim Satgas menanganinya dengan melihat saturasi dan melakukan Tes Swab Antigen yang kemudian hasilnya mereka laporkan ke Puskesmas setempat, dan warga pun tidak kesulitan mencari ambulan karna di RW.06 sudah memiliki ambulan sendiri hasil swadaya warganya.

Penyemprotan desinfektan dirumah warga RW. 06


Pak Gova mengatakan, "Andai saja setiap lingkungan RW bekerja seperti ini dalam menangani kasus virus corona, saya yakin pandemi ini bisa dengan cepat berakhir."

"Pengurus lingkungan yang seperti inilah yang seharusnya bisa diterapkan disemua RW di Indonesia, bekerja keras dalam hal penanganan kasus Covid-19 dan membantu kebutuhan sosial lainnya" Ucap Pak Gova

Melakukan Rapid Tes kepada warga RW. 06


Kampung Ciherang RW.06 memang pantas menjadi kampung percontohan Kampung Siaga Tangguh Jaya sekota Depok dalam menangani masalah yang terjadi saat ini. Selain bekerja keras mencari donatur, para pengurus lingkungan pun berani mendobrak pemerintah Desa/Kecamatan/Kota dalam mendapatkan bantuan untuk warganya.


(RV/ID)




Posting Komentar untuk "Kampung Ciherang RW. 06 Jadi Contoh Kampung Siaga Tangguh Jaya se-Kota Depok"