Tips Mudah Menbuat Kopi Ala Kafe di Rumah

 Kata siapa membuat kopi enak di rumah itu susah? Menikmati secangkir kopi ala kafe bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Buat kamu yang hobi ngopi tips berikut ini bisa membuatmu lebih hemat karena sudah enggak perlu beli kopi di kafe atau coffee shop. Lima tips mudah ini bisa membuat ngopi di rumah berasa di kafe.

Source: tamandelta.com
Alat yang digunakan untuk menyeduh kopi sangat mempengaruhi kualitas dari rasa kopi. Walaupun kamu sudah memiliki biji kopi yang berkualitas tinggi, bagaimana kamu menyeduh kopi akan mempengaruhi rasa.

Makanya kamu harus berinvestasi alat yang sesuai dengan kebutuhanmu. Enggak perlu sampai beli mesin espresso kok kamu bisa memilih alat-alat untuk manual brewing. Alat paling sederhana dan murah adalah Coffee Plunger atau biasa juga disebut dengan French Press. Kamu juga bisa memilih Chemex untuk membuat kopi enak ala kafe.

Air panas yang kamu gunakan juga akan menentukan rasa dan kualitas kopi yang kamu buat. Kalau kamu suka kopi dengan rasa pahit, kamu boleh menyeduh kopi dengan air panas yang baru mendidih. Tapi kalau ingin rasa kopi yang lebih smooth ala kafe disarankan menyeduh kopi dengan air bersuhu 88-96 derajat.

Suka bingung kenapa kopi terasa terlalu encer atau malah kekentalan. Disarankan kamu menyeduh kopi dengan perbandingan 1 gram kopi dengan 15 ml air panas. Untuk mendapatkan kekentalan yang pas perbandingan kopi dan air ini yang paling disarankan.

Seperti yang sudah kamu ketahui kopi yang enak adalah kopi yang disajikan fresh. Jadi lebih baik kamu membeli biji kopi daripada bubuk kopi. Gilinglah dulu biji kopi ketika ingin membuat kopi, rasa dari kopi yang baru digiling akan berbeda tingkat kesegarannya.

Selain investasi di alat seduh, kamu juga sebaiknya berinvestasi membeli mesin giling kopi. Kalau enggak mau repot kamu bisa nih membeli Cafflano di Anomali Coffee, alat ini sangat ringkas kamu bisa menggiling sampai menyeduh kopi di sini.

Rasa kopi bisa berangsur-angsur berubah karena cuaca, udara, dan suhu. Banyak pemula yang masih bingung cara menyimpan kopi yang benar kadang bahkan ada yang memilih menaruhnya di kulkas.

Kalau kamu termasuk yang melakukan hal ini, kamu salah besar karena sebaiknya kopi ditaruh di tempat yang kering. Taruhlah kopi di toples berwarna gelap dan letakkan di tempat yang kering. Cara ini bisa membantu menjaga kualitas dan rasa kopi.

Mudah kan membuat kopi di rumah ala kafe ini?  tips sederhana ini bisa menhasilkan secangkir kopi ala kafe loh.

 

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Menbuat Kopi Ala Kafe di Rumah"