Sudahkah Siap Untuk Pesta Daging Kambing? Berikut Tips Mengolah Daging Kambing

Merayakan Idul Adha atau Lebaran Haji tidak lengkap tanpa kehadiran daging kambing. Walaupun setiap tahun merayakan Idul Adha pasti masalah mengolah daging kambing masih membuatmu bingung.

Nah, selain menyiapkan alat – alat untuk nanti membakar sate kamu juga perlu menyiapakan bahan yang bisa membuat olahan daging sapi menjadi lebih empuk dan tidak berbau. Yuk ikuti 5 tips mengolah daging kambing agar olahan daging kambingmu berbeda tahun ini.

Jangan cuci daging kambing

Kalau biasanya sebelum bikin sate kambing kamu mencuci dahulu daging kambing, sekarang kamu tidak perlu melakukan hal itu. Ternyata mencuci daging kambing malah membuat bau pada daging kambing tidak hilang.

Tapi kalau kamu sudah terlanjur mencuci daging kambing kamu bisa menaburkan garam ke daging kambing yang ingin diolah dan diamkan selama satu jam.  Taburan garam ini menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap.

Pisahkan lemak – lemak yang ada pada daging

Lemak yang menempel di daging kambing adalah penyebab utama bau prengus atau bau khas daging kambing. Jadi kamu harus bekerja ekstra selain memotong – memotong dagingnya, pisahkan juga lemak – lemak yang ada di bagian daging kambing. Untuk kamu yang tidak mau repot, coba bekukan daging kambing di dalam freezer. Setelah daging beku kamu akan lebih mudah memisahkan daging dan lemaknya.

Pakai daun pepaya agar daging teksturnya lebih lembut

Daging kambing memang mempunyai tekstur yang keras atau alot berbeda dengan daging sapi atau ayam. Jadi pengolahannya pun harus dilakukan agak berbeda. Sebelum memasak daging kambing ada baiknya daging ini dilapisi dengan daun pepaya. Jangan lupa untuk mencuci bersih daun pepayanya. Kamu juga bisa membaluri daging kambing dengan garam lalu baru dibalut dengan daun pepaya. Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan daging kambing yang empuk dan berbau.

Jeruk nipis juga bisa mengurangi bau amis

Jeruk nipis digunakan untuk menghilangkan bau amis pasti kamu sudah tahu. Kalau jeruk nipis untuk mengurangi bau amis di daging kambing? Ternyata jeruk nipis ini juga bisa mengurangi bau amis di daging kambing. Air jeruk nipis juga bisa membunuh bakteri yang ada di daging kambing. Caranya lumuri daging kambing dengan perasan jeruk nipis selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu kamu bisa mengolah daging kambing seperti biasa.

Buah pir juga bisa melunakkan daging kambing

Buah pir sering digunakan sebagai bahan baku di dalam berbagai masakan Korea. Ternyata buah pir ini berguna untuk melunakkan daging bukan hanya daging sapi tapi juga bisa daging kambing. Buah pir ini tidak merubah tekstur dan rasa daging kambingnya. Caranya parut buah pir dan lumuri di daging yang akan diolah.

Lima tips mengolah daging kambing ini bisa membuat daging kambing terasa lebih empuk dan tidak berbau.  Jangan lupa untuk membeli perlengkapan untuk membakar sate saat pesta kambing nanti.

 

Posting Komentar untuk "Sudahkah Siap Untuk Pesta Daging Kambing? Berikut Tips Mengolah Daging Kambing"