5 Negara dengan Tradisi Unik Pada Hari Raya Idul Adha

 

Credit Image: Suara.com

Sebentar lagi umat muslim seluruh dunia akan merayakan hari raya kurban. Hari raya Iduladha 1442 H tahun ini jatuh pada 20 Juli 2021.

Umat muslim sudah mulai bersiap merayakannya, mulai dari membeli hewan kurban, menghubungi sanak saudara, dan bahkan ada yang sudah menyiapkan bahan masakan untuk daging sembelih nanti.

Tidak hanya di Indonesia yang memang merupakan negara mayoritas muslim terbanyak di dunia, beberapa negara juga memiliki tradisi masing-masing dalam merayakan Iduladha. Terlepas dari jumlah penduduk muslimnya mayoritas atau minoritas. berikut ini ada tradisi Idul Adha di beberapa negara.

1. China

China memang bukan negara Islam, tapi bukan berarti di sana perayaan Idul Adha tidak semeriah di negara lain. China yang melaksanakan shalat ied ke masjid hanya laki-laki. Sedangkan para wanita dilarang untuk shalat ied ke masjid.

Mereka lalu mengadakan beberapa perayaan, seperti membaca ayat-ayat alquran, menyanyikan kasidah-kasidah dan nasyid keagamaan, di samping saling bertukar makanan, bingkisan, dan hadiah. Selain itu, beberapa pasar dadakan juga turut memeriahkan perayaan yang dilangsungkan selama empat hari berturut-turut.

2. Bangledesh

Idul Adha di Bangladesh diadakan selama tiga hari, dengan membaca alquran dan mengaji di masjid. Tradisi mudik terjadi menjelang Idul Adha. Semua stasiun dan terminal dipenuhi oleh masyarakat yang ingin segera pulang ke kampung halamannya. Bagi umat muslim di Bangladesh, Idul Adha membawa banyak sekali kebahagiaan dan berkah maka mereka ingin merayakannya bersama keluarga.

3. Maroko

Libur Idul Adha berlangsung selama tiga hari. Saat libur tersebut, para masyarakat membanjiri masjid dan menghabiskan waktu untuk beribadah dan mengaji. Umat muslim juga bersiap untuk menyembelih hewan kurban yang nantinya akan didistribusikan ke masyarakat. Maroko juga punya hidangan khas Idul Adha yang bernama mrouzia dan boulfaf. Makanan ini terbuat dari daging sapi dan domba dibakar atau direbus dengan rempah-rempah sehingga rasanya lezat.

4. Uni Emirat Arab

Di Uni Emirat Arab mempunyai tradisi Hari Raya Idul Adha memakai pakaian baru, tangan anak-anak dan wanita akan dihiasi henna. Lalu para wanita akan mengecat rambut mereka dan menggunakan parfum.

Sebagian besar tuan rumah di negara tersebut akan menawarkan permen, kurma, buah, kopi, dan teh untuk tamu yang datang bersilaturahmi. Sama seperti negara lainnya, negara ini juga ada tradisi pemotongan hewan kurban berupa domba, kambing, atau sapi yang dilakukan bersama dengan tetangga atau anggota keluarga besar. Kemudian daging kurban itu juga dibagikan kepada keluarga, teman, dan masyarakat yang membutuhkan.

5. Turki

Perayaan Idul Adha di Turki biasanya disebut Baqri-Eid atau "Festival Sapi". Sebenarnya masyarakat Turki tidak hanya melakukan kurban sapi saja, tetapi ada juga domba dan kambing, seperti di perayaan Idul Adha pada umumnya.

Yang berbeda, Turki memberlakukan hari libur selama 4 hari saat Idul Adha dan masyarakat di sana tidak hanya membagikan daging kurban ke tetangga sekitar, namun juga membagikan aneka masakan lezat.

Posting Komentar untuk "5 Negara dengan Tradisi Unik Pada Hari Raya Idul Adha"