Kapulaga, Bukan Hanya Bumbu Masakan Biasa

 

Foto: nuisonk.com/kesehatan

Kapulaga merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, kapulaga juga bisa bekerja sebagai obat untuk mengatasi anemia. Kapulaga berasal dari biji beberapa tanaman yang berbeda yang termasuk sama dengan jahe.

Bumbu dapur ini kaya berbagai nutrisi, terutama serat makanan dan mineral seperti mangan, zat besi, dan magnesium. Kapulaga mengandung fitokimia yang memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Itulah alasannya kapulaga bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mencegah anemia.

Cara paling umum menggunakan kapulaga, yaitu bumbu dalam masakan. Kapulaga biasanya menjadi bumbu menu masakan kari, semur, kue jahe, atau makanan panggang. Penggunaan suplemen kapulaga, ekstrak, dan minyak esensial yaitu saat memanfaatkan kapulaga sebagai obat.

Kapulaga memiliki manfaat untuk mencegah anemia. Hal ini berkat kandungan mangan, zat besi, dan magnesium di dalamnya.

Meskipun terdapat suplemen kapulaga, namun mengonsumsinya sebagai bumbu di dalam masakan adalah cara yang paling aman. Diskusikan terlebih dulu dengan dokter.

Berbagai Manfaat Kapulaga

Berikut ini adalah beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1.     Kesehatan Mulut

Kapulaga bisa menyeimbangkan pH di dalam mulut. Kapulaga bermanfaat untuk menyegarkan napas sama halnya dengan daun mint dan kayu manis. Kapulaga juga bisa melawan bakteri di mulut, penyebab umum bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi.

2.     Memiliki Efek Antibakteri dan Mengobati Infeksi

Kapulaga juga memiliki efek antibakteri di luar mulut dan bisa mengobati infeksi.

3.     Mendetoksifikasi Tubuh

Kapulaga adalah agen detoksifikasi yang baik, berkat kandungan biokimia yang secara efektif mendetoksifikasi tubuh dari akumulasi racun, produk limbah, dan radikal bebas. Manfaat ini baik bagi orang yang menderita penyakit dan komplikasi kesehatan seperti kanker, kegagalan organ, dan penuaan dini.

4.     Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Selain mencegah anemia, kapulaga juga baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Kapulaga juga mengandung nutrisi yang penting untuk mengatur tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan yang kaya mengurangi agregasi trombosit yang menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

5.     Mengatasi Stres dan Depresi

Kapulaga memiliki kekuatan aromatik di dalamnya, sehingga dapat membantu mereka yang mengalami stres mental, depresi, atau masalah kesehatan mental lainnya. Kamu bisa merebus kapulaga dalam air atau mencampurkannya ke dalam teh untuk mendapatkan manfaatnya.

Posting Komentar untuk "Kapulaga, Bukan Hanya Bumbu Masakan Biasa"