Atur Jadwal Tidur Untuk Sambut Pagi

INFODEPOK.NET - Sulit bangun pagi dapat menjadi merepotkan, karena banyak aktivitas Anda yang menjadi terganggu. Untuk menyongsong hari, ada beberapa cara bangun pagi yang bisa dilakukan. Cara tersebut, mulai dari mengatur jadwal tidur, hingga memeriksakan diri ke dokter, apabila memang Anda sudah kesulitan mencari cara bangun pagi.

Source: bobo.grid.id

Bagi sebagian orang, bangun di pagi hari adalah aktivitas yang menyulitkan. Memencet tombol "snooze" alarm atau di telepon genggam pun terus-menerus dilakukan. Apakah Anda termasuk yang sulit bangun pagi?. Bangun pagi memang susah-susah gampang. Namun, dengan sedikit komitmen dan usaha, ada beberapa cara bangun pagi yang mudah bisa Anda contek dari sekarang, untuk mengubah kebiasaan bangun siang Anda.

Ragam cara bangun pagi untuk sambut hari

1. Mengatur jadwal tidur

Salah satu cara bangun pagi yang paling efektif adalah dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, termasuk ketika libur sekalipun. Tekadkan untuk tidur lebih awal, bukan di larut malam seperti yang mungkin Anda biasakan. Pastikan pula durasi tidur Anda cukup sesuai dengan kebutuhan diri. Tujuh hingga sembilan jam tidur dalam sehari merupakan durasi yang disarankan.

2. Meletakkan alarm di tempat yang jauh

Cara bangun pagi ini juga mudah dilakukan. Memencet tombol “snooze” tiap alarm pagi berbunyi  mungkin kerap Anda lakukan. Anda mungkin hanya bermaksud untuk menambah tidur beberapa menit. Namun tak sedikit orang yang kebablasan sehingga aktivitas pun menjadi terhambat.

Apabila Anda memiliki kebiasaan untuk memencet tombol tunda di alarm atau di telepon genggam, jauhkan peralatan tersebut dari tempat tidur Anda. Bunyi yang berisik saat pagi dengan alarm yang jauh, dapat memaksa diri Anda untuk bergerak demi mematikan alarm dan memancing kebiasaan bangun pagi Anda. Dengan demikian, rasa kantuk diharapkan bisa hilang untuk memulai hari.

3. Memeriksakan diri ke dokter

Sulit bangun pagi tak hanya perihal malas, melainkan juga dapat menjadi penanda beragam kondisi medis dan psikologis. Kondisi tersebut, seperti parasomnia (tidur berjalan, tidur berbicara), apnea tidur (berhenti bernapas beberapa saat ketika tidur), bahkan kondisi depresi dan gangguan kecemasan. Kondisi di atas dapat mengganggu kualitas tidur, sehingga Anda pun menjadi sulit untuk bangun pagi. Penanganan gangguan tersebut tentu bervariasi, termasuk dengan obat-obatan, peralatan medis, terapi, hingga pembedahan.

4. Memperhatikan rutinitas sebelum tidur

Susah bangun pagi dapat terjadi karena Anda tak mendapatkan istirahat yang berkualitas. Sebelum tidur, buatlah diri Anda rileks agar dapat tidur sesuai waktunya. Beberapa hal yang bisa menenangkan pikiran yakni mandi dengan air hangat atau membaca buku. Terdengar mudah, namun ini juga menjadi cara bangun pagi yang menuntut komitmen Anda.

Hindari aktivitas yang dapat mengganggu jam tubuh (irama sirkadian), seperti mengonsumsi kafeina 6 jam sebelum tidur, sibuk dengan laptop atau telepon genggam, tidur siang, serta minum alkohol sebelum tidur. Anda juga sangat disarankan untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang kerap membuat stres sebelum tidur, termasuk pekerjaan kantor yang belum diselesaikan.

5. Mencoba suplemen melatonin

Secara alami, tubuh menghasilkan melatonin untuk membantu Anda tertidur. Apabila Anda sulit tidur di malam hari, cobalah untuk mengonsumsi suplemen melatonin, 5-6 jam sebelum tidur. Walau begitu, penting untuk diingat, suplemen melatonin tidak bisa membantu penanganan semua jenis gangguan tidur. Pastikan Anda hanya meminum suplemen ini, setelah berkonsultasi dengan dokter.

6. Segera mencari sinar matahari

Cara bangun pagi ini terdengar sulit, dan memang membutuhkan sedikit usaha. Saat alarm berbunyi, segera buka tirai jendela Anda untuk mendapatkan sinar matahari. Hal ini dapat mengurangi rasa kantuk, dan membuat Anda lebih siap untuk beraktivitas. Tak lupa, Anda bisa meminum segelas air putih. Sebagai informasi, mendapatkan sinar matahari pagi tak hanya membantu Anda lebih segar saat bangun tidur. Kegiatan ini juga menjadi salah aktivitas pagi positif, yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

MR/ID

Posting Komentar untuk "Atur Jadwal Tidur Untuk Sambut Pagi "